Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat?

0

Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat, Bolehkah.Com – Pesawat merupakan transportasi udara yang menawarkan perjalanan yang menyenangkan, namun bolehkah menyalakan laptop di pesawat?

Laptop merupakan sarana hiburan yang dapat menghilangkan kebosanan di manapun termasuk di dalam pesawat.

Gambar Foto Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat Mengapa dan Apa AlasannyaHanya saja terdapat berbagai fakta yang datang dari orang banyak maupun pemerintah tentang penggunaan laptop di pesawat.

Berikut adalah fakta-fakta dari hal tersebut:



Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat – Tidak Adanya Larangan Langsung Dari Pemerintah

Sebenarnya, tidak ada larangan langsung dari pemerintah yang menyebutkan bahwa penumpang pesawat tidak diperbolehkan untuk membawa dan menyalakan laptop di dalam kabin pesawat.

Pada umumnya, seorang penumpang menyalakan laptop di pesawat untuk sekedar bermain atau menggunakannya untuk mendengarkan lagu agar perjalanan yang ditempuh tidak akan terasa membosankan.

Namun, dewasa ini memang pihak maskapai penerbangan memang menghimbau agar penumpang pesawat diharapkan untuk tidak menyalakan laptop pada saat pesawat akan lepas landas.

Pada dasarnya, menyalakan laptop di kabin pesawat diperbolehkan oleh pemerintah namun yang harus ditaati adalah peraturan yang dibuat oleh pihak maskapai penerbangan.

Aturan-aturan tersebut ada dikarenakan karena adanya kekhawatiran akan keselamatan penumpang dan kenyamanan dalam penerbangan.



Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat – Alasan Laptop Dilarang Dibawa

Seperti yang telah dsebutkan diatas bahwa penggunaan laptop dilarang oleh maskapai penerbangan karena adanya kekhawatiran akan keselamatan penumpang-penumpang itu sendiri.

Nah, peraturan ini harus ditaati karena sinyal dari perangkat elektronik akan mengganggu saat pesawat tersebut lepas landas.

Ketidaktaatan pada aturan ini dapat menyebabkan pesawat mengalami gangguan dan hasilnya akan dapat membahayakan jiwa.Gambar Foto Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat Menurut Peraturan Maskapai dan Pemerintah

Jadi, sebenarnya tidak hanya laptop yang tidak diperbolehkan untuk dinyalakan pada saat pesawat lepas landas namun alat elektronik lain juga tidak diperbolehkan untuk dinyalakan.

Namun, bukan berarti laptop tidak diperbolehkan untuk dinyalakan selama penerbangan.

Faktanya, sinyal dari perangkat elektronik akan mengganggu hanya pada saat pesawat tersebut lepas landas dan ketika pesawat sudah dalam posisi terbang maka perangkat elektronik seperti laptop boleh dinyalakan kembali.

Kemudian, tentang alasan-alasan serta fakta akan larangan penggunaan laptop dan barang elektronik lainnya seperti yang telah disebutkan diatas; larangan-larangan tersebut hanya ada saat pesawat lepas landas.

Saat pesawat sudah mengudara, menyalakan laptop sudah diperbolehkan. Namun, tetap saja penumpang pesawat dilarang untuk menggunakan internet.




Larangan ini dibuat sedemikian rupa guna untuk melindungi penumpang pesawat itu sendiri.

Sinyal yang digunakan untuk menikmati layanan internet ini dapat mengganggu sistem navigasi pesawat dan tentunya hal tersebut dapat membahayakan nyawa siapapun yang terdapat pada pesawat tersebut.

Larangan diatas adalah larangan yang lumrah dan terdapat pada setiap maskapai penerbangan di seluruh dunia.

Hanya saja, ada beberapa maskapai penebangan di beberapa negara maju seperti Amerika terdapat suatu larangan yang tidak mengijinkan penumpangnya untuk membawa laptop ke dalam pesawat.

Larangan ini dibuat untuk mencegah tindakan terorisme yang sedang banyak terjadi dewasa ini.

Terdapat berbagai kasus dimana terdapat teroris yang menggunakan laptop sebagai bom sehingga membuat lubang besar pada bagian badan pesawat dan menyebabkan pesawat tersebut jatuh.

Hal ini tentu saja membuat tidak hanya maskapai penerbangan merasa bahwa penggunaan laptop harus dibatasi tetapi juga pemerintah setempat bahkan melarang penumpang untuk membawa laptop.

Baca juga:

Bolehkah Menyalakan Laptop di Pesawat – Kesimpulan

Dari fakta-fakta diatas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan laptop akan sangat membahayakan apabila yang menggunakan laptop tersebut adalah orang yang tidak memperhatikan keadaan di sekitarnya atau bahkan orang tersebut adalah teroris.

Lalu bolehkah menyalakan laptop di pesawat, tentu saja boleh selama Anda menaati aturan yang diterapkan oleh pemerintah dan maskapai penerbangan.


source: detik, bbc

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here