Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat?

0

Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat, Bolehkah.Com – Bagi mereka yang barangkali baru pertama kali atau bahkan belum pernah bepergian dengan pesawat, akan muncul pertanyaan perihal bolehkah mengaktifkan hp di pesawat.

Gambar Foto Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat Menurut Peraturan MaskapaiDibalik rancunya pemahaman dari kata mengaktifkan, berkomunikasi menggunakan ponsel ketika sedang terbang di dalam pesawat memang tidak dianjurkan bahkan dilarang.

Mengapa bisa demikian? Cari jawabannya pada ulasan di bawah ini.

Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat – Dampak Mengaktifkan Ponsel

Penyebab pertama mengapa kita dilarang untuk mengaktifkan ponsel ketika sedang berada di pesawat adalah kemungkinan terjadinya persamaan frekuensi dari ponsel kita dengan frekuensi turbin pesawat.



Seperti yang kita ketahui, ponsel dalam kondisi menyala atau aktif menghasilkan frekuensi.

Begitu juga dengan pesawat yang membutuhkan frekuensi yang agar mesin dari turbin pesawat dapat bekerja dengan baik.

Jika secara kebetulan mesin turbin pesawat dan ponsel kita memiliki frekuensi yang sama, maka dapat dipastikan mesin turbin pesawat akan mengalami gangguan pada sistemnya.

Kemungikan terburuk yang dapat dihasilkan adalah matinya turbin pesawat, yang mana akan menyebabkan pesawat tidak dapat mengudara.

Sinyal yang muncul dari ponsel yang kita aktifkan juga akan berdampak pada sistem kerja pesawat secara keseluruhan.



Pancaran gelombang elektromagnetik yang dihasilkan dari ponsel akan membawa masalah bagi pilot dan pesawat.

Masalah paling jelas yang diakibatkan oleh sinyal adalah munculnya gangguan pada indikator bahan bakar.

Tak hanya itu, sinyal dari ponsel juga dapat menganggu sistem kemudi dan indikator VOR (VHF Omnidirectional Receiver) dan juga indikator HIS (Horizontal Situation Indicator).

Padahal kedua hal tersebut sangat dibutuhkan oleh pilot dan pesawat dalam menjalin komunikasi dengan menara penerbangan terdekat.

Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat – Beberapa Contoh Kasus

Jika penjelasan diatas belum cukup meyakinkan, berikut beberapa kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh keteledoran penumpang mengenai ponsel.Gambar Foto Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat yang Sedang Mengudara

Pesawat dengan nomor penerbangan LX498 ini kala itu baru saja lepas landas dari Bandar Zurich, yang berada di Kota Swiss.

Naasnya, hanya dalam hitungan menit pesawat tersebut menukik jatuh dan menyebabkan 10 penumpangnya meninggal dunia.

Setelah dilakukan olah tempat kejadian perkara, penyidik menemukan bahwa pesawat terseut jatuh lantaran adanya gangguan terhadap sistem kemudi pesawat.




Sumber datangnya gangguan? Sinyal dari ponsel yang masih menyala.

Ketika hendak melakukan penerbangan menuju Sarajevo, ibu kota dari Bosnia-Herzegovina, pesawat Slovenia Air terpaksa melakukan pendaratan darurat dikarenakan sistem alarm dari kokpit penerbang yang tak henti mengeleuarkan bunyi nyaring.

Setelah diselidiki, benar ditemukan bahwa ada beberapa ponsel yang belum dimatikan dalam kopor bagasi.

Frekuensi dari ponsel tersebutlah yang mengganggu sistem navigasi pesawat. Tak ada korban jiwa dari pesawat yang baru akan terbang terseut.

Berdasarkan berita yang dirilis The Australian pada tahun 1998, salah satu pesawat dari maskapai penerbangan Australia ini tiba-tiba kehilangan kendali ketika sedang mengudara.

Miring dan menurun ke satu sisi sebelum akhirnya terbaik naik lagi setinggi 700 kaki justru disaat akan melakukan pendaratan di Bandara Heathrow, London.

Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata tiga penumpang belum mematikan ponsel, CD player dan konsol game milik masing-masing. Untungnya tak didapati korban jiwa dalam kejadian tersebut.

Baca juga:

Bolehkah Mengaktifkan HP di Pesawat – Kesimpulan

Menyalakan ponsel ketika sedang terbang dalam pesawat dapat berakibat fatal.

Meskipun hampir semua ponsel masa kini sudah dilengkapi dengan mode pesawat, alangkah lebih baik jika kita bisa bersabar dan menonaktifkan ponsel sejenak demi keselamatan orang banyak.

Jadi, masih adakah yang bertanya bolehkah mengaktifkan hp di pesawat?


source: wisesatravel, kerendanunik

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here