Bolehkah Dokter Umum Melakukan Operasi, Bolehkah.Com – Seiring makin maraknya ditemukan kegagalan proses operasi yang merugikan pasien, kini makin banyak orang berpikiran bolehkah dokter umum melakukan operasi.

Masyarakat awam yang sama sekali belum pernah terjun di dunia kedokteran atau paling tidak dunia kesehatan, tentu akan terus bertanya-tanya mengenai hal tersebut.

Gambar Foto Bolehkah Dokter Umum Melakukan Operasi Mengapa Apa AlasannyaLantas, apakah dokter umum diizinkan untuk melakukan operasi? Simak ulasannya di bawah ini.

Bolehkah Dokter Umum Melakukan Operasi – Kewajiban Dokter terhadap Dunia Kedokteran

Pada dasarnya, kewajiban dokter umum digolongkan menjadi empat, yaitu kewajiban umum, kewajiban terhadap pasien, kewajiban terhadap rekan kerja dan yang terakhir adalah kewajiban terhadap diri sendiri.

Setiap kewajiban tersebut dijelaskan melalui berbagai pasal guna memudahkan para dokter dalam melaksanakannya.

Mari kita mulai dari kewjiban terhadap diri sendiri terlebih dahulu guna memudahkan pemahaman kita.

Walaupun profesi dokter dianggap sebagai profesi yang berguna untuk kepentingan khalayak banyak, ternyata seorang dokter juga memiliki kewajiban kepada dirinya sendiri.

Hal ini sudah diatur dalam kode etik dunia kedokteran, bersama dengan kewajiban dokter lainnya.

Adapun kewajiban dokter terhadap diri sendiri dijabarkan menjadi dua pasal, yaitu pasal 16 dan pasal 17.

Pasal 16 menghimbau agar setiap dokter tanpa kecuali wajib selalu menjaga kesehatannya agar dapat bertugas semaksimal mungkin.

Sedangkan pasal 17 mengharuskan agar setiap dokter senantiasa mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam dunia kedokteran dan kesehatan.

Dua pasal yang nampaknya memang harus senantiasa dilaksanakan oleh setiap dokter.

Sebelum membahas hubungan antara dokter dengan pasien, ada baiknya kita juga mengetahui apa saja kewajiban seorang dokter terhadap sesame dokter lainnya.

Seperti kewajiban sebelumnya, kewajiban terhadap rekan kerja juga dijelaskan dalam dua pasal, yakni pasal 14 dan pasal 15.

Di dalam pasal 14, dituliskan bahwa setiap dokter wajib memperlakukan rekan kerjanya sebagaimana ia ingin diperlakukan.

Adapun pasal 15 berbunyi bahwa setiap dokter haram hukumnya untuk mengambil alih atau kendali pasien dari sesama dokter, kecuali dengan persetujuan dokter yang bersangkutan dan tentunya harus disertai prosedur yang berlaku.

Bolehkah Dokter Umum Melakukan Operasi – Kewajiban Dokter secara Umum terhadap Pasien

Setelah membahas kewajiban dokter terhadap dirinya dan rekan kerjanya, saatnya kita mulai membahas tugas dokter secara umum terlebih dahulu.

Gambar Foto Bolehkah Dokter Umum Melakukan Operasi Menurut PeraturanDari sekian banyak pasal dalam kewajiban umum, pasal 7 merupakan pasal yang paling bisa menjelaskan kewajiban umum dari seorang dokter umum.

Sebabnya pasal 7 dijabarkan lagi menjadi pasal 7a hingga 7d, yang mana inti dari pasal 7 adalah seorang dokter harus memberikan pelayanan medis yang kompeten disertai rasa kasih saying dan penghormatan terhadap martabat manusia.

Setalah kewajiban umum, kewajiban selanjutnya dikerucutkan terhadap pasien.

Sesuai golongannya, kewajiban dokter umum di kategori ini memang difokuskan antara hubungan dokter dengan pasien yang bersangkutan.

Kewajiban terhadap pasien dijabarkan menjadi 4 pasal, dari pasal 10 hingga pasal 13.

Adapun yang harus kita perhatikan sebagai orang awam disini adalah pasal 10, yang intinya mengatakan bahwa setiap dokter wajib bersikap tulus ikhlas dan menggunakan segala ketrampilan serta ilmu yang dimilikinya untuk kepentingan pasien.

Bolehkah Dokter Umum Melakukan Operasi – Kesimpulan

Dengan demikian, dapat disimpulkan dari beberapa pasal yang terdapat dalam kewajiban dokter secara umum dan kewajiban terhadap pasien, seorang dokter wajib melayani dan menangani setiap pasiennya dengan kompeten, dan tentu yang sesuai dengan bidangnya.

Dengan kata lain, tidak dianjurkan bagi dokter umum untuk melakukan operasi.

Kiranya penjelasan mengenai kewajiban dokter diatas sudah menjawab kasak-kusuk mengenai bolehkah dokter umum melakukan operasi.


source: ugm, scribd

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here