Bolehkah.Com – Bolehkah melakukan reaksi kimia di dalam gelas ukur? Pertanyaan ini sering muncul saat pengenalan mata pelajaran Kimia dibangku sekolah.

Untuk diketahui, peralatan dalam laboratorium Kimia secara garis besar dapat dibedakan menjadi empat kelompok berdasarkan fungsinya.

Gambar Foto Bolehkah Melakukan Reaksi Kimia di Dalam Gelas Ukur Menurut Peraturan di LabYakni peralatan pemanas, peralatan untuk mereaksikan zat, peralatan pengukuran volume, dan peralatan pendukung.

Lalu, termasuk golongan apakah gelas ukur?



Bolehkah Melakukan Reaksi Kimia di Dalam Gelas Ukur – Gelas Ukur dan Fungsinya

Gelas ukur merupakan sebuah alat dalam laboratorium umum yang berfungsi sebagai alat ukur volume cairan.

Secara umum, bentuk gelas ini menyerupai tabung dengan garis-garis tertera sebagai penanda ukuran cairan yang diwakilkan.

Ukuran dari gelas ukur ini sendiri bervariasi, dimulai dari 5 mL hingga 2 Liter.

Untuk bahan penyusunnya, gelas ukur dibuat dari bahan polypropilena dengan ketahanan kimia yang bagus serta polymethylpentena yang membuat permukaan gelas ukur semakin jernih dan transparan.

Namun, dengan penggunaan jenis bahan-bahan ini menyebabkan gelas ukur menjadi lebih ringan dan rapuh dibandingkan dengan bahan kaca.

Maka dari itu, gelas ini sangat tidak dianjurkan untuk mengukur larutan atau pelarut bersuhu tinggi.

Batas suhu larutan maksimum yang dianjurkan adalah tidak lebih dari 121 °C (250 °F).

Selain itu, gelas ukur tradisional IHN biasanya memiliki bentuk yang ramping dan tinggi dengan tujuan meningkatkan akurasi pengukuran volume.

Ditambah dengan adanya gelas dasar atau plastik serta cerat yang digunakan untuk memudahkan menuangkan larutan yang akan diukur.




Untuk tingkat keakuratan yang lebih tinggi, pengguna diwajibkan untuk mengamati cairan secara sejajar dengan mata. Pusat meniskus dengan garis ukuran pun akan terlihat.

Secara umum, gelas ukur ditujukan untuk membantu pengukuran volume cairan atau larutan.

Pengukuran dengan menggunakan gelas ukur akan lebih akurat bila dibandingkan dengan menggunakan gelas kimia dan labu laboratorium.

Akan tetatpi lain halnya bila digunakan dalam analisis volumetrik, di mana pipet ukur atau labor ukur lebih disarankan karena keakuratannya yang lebih tinggi dibandingkan dengan gelas ukur.

Apakah Gelas Ukur dapat Digunakan untuk Melakukan Reaksi Kimia?

Gelas ukur difungsikan sebagai alat pengukuran volume cairan atau larutan yang memiliki tingkat keakuratan yang presisi.

Namun, bagaimana jadinya bila gelas ukur digunakan untuk melakukan reaksi kimia dalamnya?

Meskipun dirasa lebih praktis, sebenarnya penggunaannya sangat tidak dianjurkan untuk melakukan reaksi kimia.

Gambar Foto Bolehkah Melakukan Reaksi Kimia di Dalam Gelas Ukur Mengapa dan Apa AlasannyaHal ini dikarenakan bahan penyusun yang digunakan, yakni polypropilena dan polymethylpentena tidak cocok digunakan untuk beberapa jenis reaksi kimia.

Reaksi kimia di dalamnya akan menyebabkan gelas ukur menjadi penyok atau rusak akibat pencampuran cairan atau larutan yang tidak sesuai.

Selain itu, ada kalanya gelas ukur tidak terlihat rusak. Akan tetapi, beberapa lapisan pembentuknya akan terkikis yang menyebabkan reaksi kimia menjadi tidak murni.

Hal ini tentu saja dapat menghasilkan perubahan yang berbeda terhadap reaksi kimia yang dilakukan dalamnya.

Maka dari itu, dibuatlah peralatan khusus untuk mereaksikan cairan atau larutan kimia untuk laboratorium umum.

Alat-alat seperti tabung reaksi, gelas piala, ataupun Erlenmeyer digunakan karena menggunakan bahan pembentuk yang aman digunakan untuk mereaksikan bahan kimia dalamnya.

Dengan fungsi yang berbeda-beda disetiap jenisnya, penggunaannya akan semakin praktis dan membantu penggunanya.

Bolehkah Melakukan Reaksi Kimia di Dalam Gelas Ukur – Kesimpulan

Gelas ukur digunakan untuk membantu penggunanya mengukur volume suatu cairan atau larutan kimia.

Dengan bahan-bahan penyusun yang dimilikinya, sangat tidak disarankan untuk menggunakan gelas ukur sebagai wadah mereaksikan kimia.

Hal ini dapat membuat kerusakan untuk gelas ukur itu sendiri maupun larutan yang direaksikan dalamnya.

Semoga dapat menjawab pertanyaan pengguna mengenai bolehkah melakukan reaksi kimia di dalam gelas ukur.


source: labsatu, fungsiklopedia

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here