Bolehkah.Com – Bolehkah gonta-ganti shampoo? Pertanyaan ini sering mengemuka seiring banyaknya pendapat yang berlawanan mengenai hal ini.

Seperti diketahui, banyak orang mengatakan bahwa shampo hanya digunakan untuk sekadar membersihkan rambut.

Gambar Foto Bolehkah Gonta-Ganti Shampoo Menurut Ahli RambutPendapat lainnya mengatakan bahwa rutinitas ini akan menjadi menyenangkan dengan mencoba berbagai jenis dan merk shampo.

Lalu, benarkah rambut akan baik-baik saja bila sering menggonta-ganti shampo?

Bolehkah Gonta-Ganti Shampoo – Dua Pendapat Berlainan dari Para Ahli

Saat ini, banyak informasi beredar mengatakan bahwa menggonta-ganti shampo dapat menyebabkan kerusakan pada rambut dan kulit kepala.

Dalam beberapa kasus, mengubah merk shampo terlalu sering dapat menimbukan dermatitis kulit kepala.

Hal ini akan menyebabkan rambut mudah rontok. Lalu, apa itu dermatitis kulit kepala?

Dermatitis kulit kepala merupakan sebuah penyakit yang menyebabkan kulit kepala kemerahan, gatal, dan iritasi, diikuti pula oleh banyaknya ketombe atau serpihan kulit yang ditemukan.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan pewarna buatan, parfum, dan berbagai bahan lainnya yang menyebakan kulit iritasi.

Selain itu, tingkat kelembaban, perubahan musim, atau bahkan stres dan trauma menjadi faktor penyakit ini terjadi.

Dampak yang lebih parah adalah timbulnya dermatitis seboroik. Hampir sama dengan dermatitis kulit kepala, penyakit ini dapat menyebabkan kulit menjadi putih atau kuning.

Bahkan tindak hanya pada kulit kepala, kulit di sekitar alis juga dapat mengalaminya.

Kondisi ini memerlukan penanganan dokter kulit atau dermatologis, karena jika tidak segera ditangani akan menyebabkan iritasi yang lebih berat, seperti kebotakan.

Namun di lain sisi, banyak ahli berpendapat bahwa dengan menggonta-ganti shampo secara rutin sangat dianjurkan.Gambar Foto Bolehkah Gonta-Ganti Shampoo Apa Alasannya dan Mengapa

Mereka berpendapat bahwa dengan menggunakan satu merk atau jenis shampo secara terus-menerus menyebabkan shampo tersebut menjadi tidak lagi efektif untuk mengatasi permasalahan rambut.

Selain itu, kandungan zat dalamnya, seperti zat pembersih dan pelembut akan terus menumpuk pada kulit kepala.

Hal ini bukannya akan mengatasi permasalahan rambut, sebaliknya akan menimbulkan permasalahan baru, seperti kerontokan rambut.

Dengan mengganti merk atau jenis shampo secara rutin, misalnya setiap minggu atau bahkan setiap hari, akan mengangkat zat-zat yang menumpuk di kullit kepala.

Hal ini dapat terjadi karena kandungan zat di setiap merk atau jenis shampo berbeda-beda yang akan membantu menjaga kesehatan dan keindahan pada rambut dan kulit kepala.

Bolehkah Gonta-Ganti Shampoo – Mana yang Benar?

Jadi, pendapat manakah yang paling tepat? Itu semua kembali kepada kecocokan rambut dan kulit kepala terhadap shampo yang digunakan.

Pada umumnya, kondisi rambut dan kulit kepala setiap orang berbeda-beda.

Begitupun dengan reaksi yang ditimbulkan oleh rambut dan kulit kepala terhadap berbagai produk perawatan rambut.

Jika penggunaan shampo pada merk atau jenis tertentu membuat rambut dan kulit kepala menjadi rusak, iritasi, dan bahkan gatal, sebaiknya ubahlah pada merk atau jenis shampo yang lebih sesuai dengan rambut atau kulit kepala pengguna.

Jika merasa perlu untuk mengetahui apakah rambut atau kulit kepala cocok atau tidak dengan satu merk atau jenis shampo, gunakanlah setidaknya tiga bulan secara rutin untuk melihat reaksi yang ditimbulkan.

Apabila timbul ketombe atau bahkan dermatitis kulit kepala yang berat, pengguna dapat menggantinya dengan merk atau jenis shampo yang lebih cocok.

Baca juga:

Bolehkah Gonta-Ganti Shampoo – Kesimpulan

Dapat ditarik kesimpulan bahwa kecocokan rambut atau kulit kepala sangat berpengaruh terhadap penggunaan shampo.

Apabila pengguna merasa telah menemukan shampo yang sesuai dan tidak mau beralih ke merk atau jenis lain, lakukanlah.

Namun, jika pengguna sering menggonta-ganti merk atau jenis shampo dan tidak mengalami masalah atau bahkan membuat rambut terlihat baik, lanjutkanlah.

Semoga dapat menjawab persoalan pengguna mengenai bolehkah gonta ganti shampoo.


Source: hellosehat, liputan6

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here