Bolehkah Menyalakan Kamera di Pesawat?

0

Bolehkah Menyalakan Kamera di Pesawat, Bolehkah.Com – Peraturan mengenai bolehkah menyalakan kamera di pesawat memang belum tertulis secara jelas apakah boleh atau tidak.

Seperti yang kita ketahui, Hp dilarang untuk digunakan selama berada di dalam pesawat karena dapat mengganggu komunikasi antara pilot dan petugas di air controller.

Gambar Foto Bolehkah Menyalakan Kamera di Pesawat Apakah DilarangLalu, bagaimana dengan kamera?

Bolehkah Menyalakan Kamera di Pesawat – Peraturan Tentang Penggunaan Kamera di Pesawat

Pada dasarnya, kamera merupakan perangkat elektronik yang tidak memancarkan sinyal radio sehingga dapat dianggap aman untuk dibawa dan digunakan dalam kabin pesawat.



Sebagian besar maskapai lain tidak melarangnya. Penumpang diperbolehkan menyalakan dan menggunakan kamera di dalam kabin pesawat dengan batasan tertentu.

Apa saja batasannya?

  1. Sebatas Dokumentasi Pribadi

Kalau ingin selfie atau foto bersama anggota rombongan, mengabadikan pemandangan dari jendela pesawat, atau sekadar mengecek hasil jepretan sebelumnya, penumpang boleh menyalakan dan menggunakan kamera.

Tetapi, penumpang tidak boleh menggunakan kamera untuk memotret penumpang lain untuk alasan privasi.

  1. Dilakukan Saat Sesudah Take Off dan/atau Sebelum Landing

Demi keselamatan penumpang sendiri, menyalakan dan menggunakan kamera pada saat pesawat akan dan sedang take off dan landing biasanya tidak diperbolehkan oleh pihak maskapai.



Biasanya penumpang boleh menggunakan kameranya setelah pesawat sudah stabil dan kondisinya memungkinkan bagi penumpang untuk bergerak lebih leluasa dengan aman.

  1. Tidak Mendokumentasikan Awak Pesawat dan Badan Pesawat

Rupanya, mendokumentasikan foto awak pesawat seperti pramugari yang cantik tidak diperbolehkan kecuali dengan izin khusus sebagai kegiatan reportase.

Selain itu, penumpang tidak diperbolehkan mendokumentasikan badan pesawat maupun bagian dalam kabin tanpa izin karena sifatnya rahasia.

Selain untuk menjaga rahasia layanan maskapai, foto yang tersebar dikhawatirkan akan disalah-gunakan oleh tindakan terorisme.

Yang menarik adalah batasan ini hanya berlaku pada penumpang dan tidak berlaku bagi awak pesawat pada umumnya.

Jadi tidak heran kalau banyak akun Instagram awak kabin yang berisi foto-foto menarik yang diambil selama penerbangan.Gambar Foto Bolehkah Menyalakan Kamera di Pesawat Apakah Berbahaya

Tips Menyalakan Kamera dalam Pesawat

Kamera jelas sebaiknya dibawa masuk ke kabin agar tidak rusak karena berdesakan dengan bagasi lainnya.




Akan tetapi, pastikan bahwa penggunaannya di dalam kabin tidak berlawanan dengan batasan yang berlaku.

Beberapa tips ini membantu untuk memastikan penumpang bisa menyalakan dan menggunakan kamera di dalam kabin.

  • Konfirmasikan Dulu dengan Petugas

Sering kali, penumpang sudah tahu apakah kamera boleh dinyalakan dan digunakan di dalam kabin pesawat karena tanda yang dipasang di dinding kabin.

Ketika masuk kabin, perhatikan apakah ada gambar kamera di coret di dalam. Kalau ada, tanyakan kepada awak pesawat sejauh mana larangan tersebut berlaku.

Apakah sekadar tidak boleh memotret awak pesawat dan pesawat atau ada batasan lainnya.

  • Bawa Surat Izin untuk Dokumentasi Bersifat Reportase

Kalau ingin melakukan reportase, pastikan penumpang memiliki dokumen yang dibutuhkan seperti identitas reporter atau fotografer yang bersangkutan, surat tugas, dan surat izin yang sudah disetujui pihak maskapai penerbangan tersebut.

Tanpa dokumen-dokumen yang diperlukan, penumpang pada umumnya hanya diperbolehkan mendokumentasikan momen pribadi atau pemandangan dari jendela pesawat saja.

  • Nyalakan Hanya di Saat yang Kondusif

Jika diperbolehkan, nyalakan kamera hanya pada saat pesawat tidak dalam keadaan tidak stabil seperti sedang atau akan take off atau landing, saat terjadi turbulensi serius, dan dalam keadaan darurat lainnya.

  • Patuhi Batasan

Patuhi batasan yang sudah ditetapkan oleh pihak maskapai untuk emnghindari masalah jangka panjang karena foto yang diambil.

Biasanya batasan ini cukup mewakiliki kebutuhan dan kepentingan bersama dari penumpang hingga awak pesawat dan perusahaan maskapai.

Baca juga:

Bolehkah Menyalakan Kamera di Pesawat – Kesimpulan

Jadi, penggunaan kamera di dalam pesawat tidak dilarang hanya saja dibatasi karena faktor privasi, kerahasiaan, dan keselamatan penumpang.

Jadi bolehkah menyalakan kamera di pesawat? Boleh saja asal tidak menyalahi batasan yang sudah ditetapkan.


Source: okezone, kaskus, kompasiana

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here