Bolehkah menyalakan hp di pesawat? Bolehkah.Com – Banyak yang menyetujui bahwa hal tersebut dilarang untuk dilakukan ketika sedang berada di dalam pesawat.

Bukan hal yang mengherankan lagi apabila ada larangan dalam penggunaan hp di dalam pesawat.

Gambar Foto Bolehkah Menyalakan Hp di Pesawat Apa Bahaya Efek SampingnyaMenyalakan hp ketika berada di dalam pesawat dipercaya dapat membahayakan penumpang lainnya karena dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan udara.

Namun, apa yang sebenarnya terjadi jika hp dinyalakan selama berada di dalam pesawat?

Bolehkah Menyalakan Hp di Pesawat – Akibat yang Disebabkan Jika Menyalakan Hp dalam Pesawat

  • Mengganggu Komunikasi Pilot dan Petugas Air Controller

Selama penerbangan, pilot selalu terhubung dengan petugas air controller dan selalu mengawasi radar untuk mengetahui pergerakan pesawat.

Petugas di air controller bertugas mengatur lalu lintas pesawat, sehingga merekalah yang selalu memantau pergerakan setiap pesawat.

Komunikasi antara pilot dan petugas di air controller menggunakan gelombang radio. Penggunaan Hp dapat menganggu komunikasi yang dilakukan oleh pilot dan petugas air controller.

Oleh karena itu, penggunaan Hp sangat dibatasi agar komunikasi antara pilot dan petugas air controller tidak terganggu, karena gangguan komunikasi dapat berakibat fatal.

  • Kurang Memperhatikan Petunjuk dari Pramugari

Mematikan Hp dan perangkat elektronik lain sebenarnya tidak memakan waktu yang lama, hanya sekitar 10-15 menit ketika pesawat masih berada di bawah ketinggian 3.000 meter.

Selain karena faktor menyebabkan gangguan, larangan penggunaan Hp ketika di dalam pesawat juga dimaksudkan agar para penumpang dapat memperhatikan sepenuhnya peragaan untuk panduan keselamatan yang dilakukan oleh pramugari.

Kecelakaan Pesawat yang Disebabkan oleh Penggunaan Hp yang Dilakukan Penumpang

Seperti yang sudah dijabarkan diatas, penggunaan hp di dalam pesawat dapat berakibat fatal.

Gambar Foto Bolehkah Menyalakan Hp di Pesawat yang Sedang MengudaraTernyata hal tersebut bukanlah omong kosong belaka karena beberapa kecelakaan pesawat yang sudah terjadi ternyata dilansir diakibatkan oleh penggunaan Hp yang dilakukan oleh penumpang di dalam pesawat.

1. Pesawat Slovenia Air yang sedang menuju Saravejo terpaksa harus melakukan pendaratan darurat dikarenakan sistem alarm yang ada di kokpit terus berbunyi.

Ternyata penyebabnya adalah Hp yang terdapat di dalam koper di bagasi belum dinonaktifkan sehingga mengakibatkan gangguan sistem navigasi.

2. Pesawat Crossair LX498 lepas landas dari bandara di Swiss.

Sesaat setelah lepas landas, pesawat tersebut terjatuh dan memakan 10 korban tewas.

Setelah diselidiki, ternyata terdapat gangguan sinyal Hp yang menganggu sistem kemudi pesawat.

3. Penggunaan Hp di dalam pesawat dicurigai sebagai sebab terjadinya kecelakaan pesawat di Selandia Baru pada tahun 2003.

Pada kecelakaan tersebut, terdapat 8 penumpang tewas.

Namun, penyebabnya bukanlah penggunaan Hp oleh penumpang melainkan oleh pilotnya sendiri yang sudah merindukan keluarganya di rumah.

4. Boeing 747 Qantas yang merupakan sebuah maskapai penerbangan dari Australia secara tiba-tiba menjadi miring ke satu sisi dan kembali mendaki setinggi 700 kaki ketika hampir mendarat di bandara London.

Ternyata penyebabnya adalah ada 3 penumpang yang belum menonaktifkan komputer, pemutar CD dan perangkat elektronik masing-masing.

Masih banyak lagi kecelakaan pesawat yang disebabkan oleh penggunaan Hp dan perangkat elektronik di dalam pesawat.

Baca juga:

Bolehkah Menyalakan Hp di Pesawat – Kesimpulan

Setelah mengetahui akibat yang disebabkan oleh penggunaan Hp di dalam pesawat dan juga beberapa contoh kecelakaan pesawat yang sudah terjadi karena hal tersebut, diharapkan Anda lebih berhati-hati dan tetap mematuhi peraturan yang ada.

Sekarang, sudah terjawab jelas mengenai bolehkah menyalakan hp di pesawat. Hal tersebut sangat tidak disarankan dan bahkan dilarang karena dapat berakibat fatal.


Referensi: brilio, syalomtravel

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here