Bolehkah Makan Udang Pasca Melahirkan. Bolehkah.Com – Dengan segala kandungan yang ada di dalamnya, banyak ibu yang bertanya bolehkah makan udang setelah melahirkan.

Sejatinya sejak sang buah hati telah dilahirkan, pantangan dan anjuran bagi para ibu menjadi lebih longgar dibandingkan ketika masih hamil.

Gamabr Foto Bolehkah Makan Udang Pasca Melahirkan Menurut Kesehatan Medis KedokteranNamun tak ada salahnya bagi ibu setelah melahirkan untuk mengetahui boleh tidaknya konsumsi udang.

Bolehkah Makan Udang Pasca Melahirkan – Kandungan Gizi dalam Udang

Benar bahwa makanan laut mengandung banyak zat merkuri yang tak baik bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebihan.

Namun tak semua makanan laut mengandung banyak merkuri. Udang merupakan makanan laut yang rendah kalori dan memiliki merkuri yang minim.

Dengan kandungan vitamin c, vitamin D dan kolin di dalamnya, udang tentuk tidak dilarang dan bahkan dianjurkan bagi ibu pasca melahirkan.

Lebih dari itu, udang merupakan salah satu dari sekian makanan laut yang mengandung mineral tinggi seperti yodium, zat besi, selenium, seng hingga tembaga.

Makanan laut yang satu ini juga kaya akan omega 3 dan omega 6 yang dianjurkan untuk siapapun tanpa terkecuali.

Meskipun dapat dikonsumsi dengan berbagai kondisi dan cara, akan lebih baik jika udang dimasak terlebih dahulu.

Selain untuk membersihkan udang, pemasakan hingga matang juga akan bermanfaat bagi tubuh jika dikonsumsi.

Berbagai macam kandungan nutrisi di dalam udang mulai dari vitamin D, vitamin B12, vitamin E, vitamin B6, vitamin C hingga Niacin dapat membantu dalam mengontrol kadar kolesterol jika udang sudah diolah hingga matang.

Oleh karenanya alangkah lebih baik jika mengolah udang terlebih dahulu hingga matang sebelum mengkonsumsinya untuk membantu kita mengontrol kadar kolesterol.

Selain mengontrol kadar kolesterol, udang juga mengandung berbagai mineral seperti sodium, magnesium, kalsium zat besi hingga fosfor yang akan sangat berguna bagi tubuh.

Semua kandungan mineral tersebut akan membantu menjaga keseimbangan cairan tubuh.

Hal ini tentu berguna bagi ibu pasca melahirkan mengingat banyaknya cairan yang dikeluarkan ibu selama dan setelah melahirkan.

Mengkonsumsi mineral yang cukup tentu akan membantu ibu untuk menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh setelah melahirkan.

Tak hanya itu, kandungan mineral dari udang juga akan menjaga metabolisme ibu setelah melahirkan. Hal ini diperlukan untuk memperlancar peredaran zat dalam tubuh ibu.

Bolehkah Makan Udang Pasca Melahirkan – Meningkatkan Sistem Imun

Tak hanya mineral, udang juga kaya akan protein. Tak kalah penting dari mineral, protein juga memiliki banyak manfaat.

Gambar Foto Bolehkah Makan Udang Pasca Melahirkan Apa Efek SampingnyaSalah satu diantaranya adalah membentuk sel-sel dalam tubuh yang akan dibutuhkan oleh otot.

Otot yang terpenuhi oleh asupan protein yang cukup akan dipastikan dapat berfungsi dengan baik.

Fungsi otot inilah yang bisa digunakan para ibu untuk menjaga bentuk badan pasca melahirkan, mengingat banyaknya keluhan dari para ibu yang mengalami penggemukan badan setelah melahirkan.

Yang tak kalah penting dari semuanya adalah kemampuan kandungan dalam udang untuk meningkatkan sistem imun.

Banyaknya kandungan vitamin C dalam udang, yang merupakan vitamin yang paling banyak kandungannya di dalam udang memungkinkan hal tersebut terjadi.

Hal ini jelas diperlukan para ibu mengingat beratnya masa kehamilan dan proses melahirkan.

Agar tak mudah terserang penyakit, ada baiknya ibu meningkatkan sistem kekebalan imun paska melahirkan.

Baca juga:

Bolehkah Makan Udang Pasca Melahirkan – Kesimpulan

Meskipun makanan laut memang mengandung merkuri, namun tak semuanya berbahaya bagi ibu pasca melahirkan.

Udang menjadi contoh yang paling jelas bahwa ibu setelah melahirkan tetap diperbolehkan untuk mengkonsumsi makanan laut.

Dengan demikian terjawablah sudah pertanyaan mengenai bolehkah makan udang pasca melahirkan.


source: ibudanbalita, manfaatnyasehat

 

 

 

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
22Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here