Bolehkah Makan Telur Mentah? Sehatkah?

0

Bolehkah Makan Telur Mentah, Bolehkah.Com – Pertanyaan mengenai bolehkah makan telur mentah makin sering muncul seiring makin banyaknya juga kabar mengenai berbagai manfaat dari telur.

Diolah dengan cara apapun, telur memang memiliki banyak manfaat baik bagi pria maupun wanita.

Gambar Foto Bolehkah Makan Telur Mentah Menurut Kedokteran Medis KesehatanSayangnya, telur mentah memang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi. Ada beberapa alasan yang mendasari anjuran tersebut. Berikut diantaranya:

Bolehkah Makan Telur Mentah – Kekurangan Nutrisi

Dinyatakan oleh sebuah studi dalam penelitian nutrisi pada 1998 bahwa lebih dari 50% kandungan protein dalam telur tak terserap dengan baik oleh tubuh jika telur dikonsumsi dalam keadaan mentah.



Di sisi lain, dinyatakan juga bahwa protein dapat terserap oleh tubuh hingga 90% jika kita mengkonsumsinya dalam keadaan matang.

Dari hasi perhitungan tersebut, jelas terlihat bahwa telur yang masih mentah justru akan kehilangan manfaat dan proteinnya jika langsung dikonsumsi.

Telur nampaknya juga dapat menimbulkan alergi bagi sebagian orang, terlebih jika dikonsumsi ketika masih mentah.

Kandungan zat Lysozyne yang ada di dalam telur cenderung akan berfungsi sebagai antigen jika telur dikonsumsi dalam kondisi mentah.

Antigen inilah yang menjadi pemicu utama munculnya alergi, terlebih bagi mereka yang kurang tahan terhadap kandungan protein yang ada di dalam telur.



Selain zat Lysozyne, ada juga kandungan Ovomucoid yang berpotensi menyebabkan gangguan pada kulit jika telur dalam kondisi mentah.

Efek yang muncul jelas menyerang kulit, mulai dari timbulnya rasa gatal tak berkesudahan, timbulnya ruam pada kulit, hingga pembengkakan vesikula, papula dan urtikaria.

Mengkonsumsi telur yang masih mentah ternyata juga tidak baik bagi saluran pernafasan. Penyebab utamanya adalah kandungan Ovomucoid di dalam telur yang masih mentah.

Gambar Foto Bolehkah Makan Telur Mentah untuk AnakBerbagai pakar kesehatan selalu menyarankan agar telur diolah terlebih dahulu dan tidak dikonsumsi dalam keadaan mentah.

Terlebih jika ditujukan untuk bayi, wajib hukumnya untuk memastikan bahwa telur sudah diolah hingga matang.

Pasalnya sistem imun yang masih lemah pada bayi akan sangat rentan untuk terkena alergi pada telur.

Pengolahan terlebih dahulu pada telur tentu akan membuatnya lebih aman dari kandungan Ovomucoid.

Jika tidak, maka bayi akan rentan terserang asma, sinuitis, hingga ISPA.




Bolehkah Makan Telur Mentah – Potensi Keracunan Makanan

Tak hanya itu, mengkonsumsi telur mentah juga dapat mengakibatkan gangguan ginjal.

Hal ini disimpulkan ketika kita tahu bahwa ayam-ayam yang dipelihara di peternakan seringkali mendapat makanan dengan berbagai macam campuran, tak terkecuali bahan-bahan kimia.

Meskipun bisa dibilang kadarnya sangat sedikit, zat kimia yang dikonsumsi melalui telur mentah tersebut jelas memberikan dampak bagi tubuh.

Yang paling mungkin muncul ialah gangguan pada organ ginjal seperti gejala batu ginjal hingga gagal ginjal.

Sayangnya hingga sekarang belum ditemukan cara guna menetralisir zat kimia yang terdapat dalam telur mentah.

Puncak dari segala gangguan tersebut jelas keracunan makanan.

Di dalam semua jenis telur, terdapat bakteri Salmonella Enteriditis, dimana bakteri ini dapat memicu keracunan makanan jika dikonsumsi dari segala produk hewani dalam kondisi mentah.

Gejala keracunan makanan sangat bervariasi, mulai dari demam, dehidrasi, sakit perut hingga pusing kepala.

Oleh karenanya sangat tidak dianjurkan jika anak-anak mengkonsumsi telur dalam kondisi mentah lantaran berbagai efek yang dapat muncul tersebut.

Baca juga:

Bolehkah Makan Telur Mentah – Kesimpulan

Berbagai efek samping di atas makin menunjukkan betapa pentingnya telur untuk diolah terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.

Tak memakan waktu lama untuk mengolah, namun kita dipastikan aman dari segala efek samping tersebut.

Jadi, masih adakah yang bertanya bolehkah makan telur mentah?


Source: hellosehat, halosehat

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here