Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air, Bolehkah.Com – Cacar air adalah penyakit kulit yang memiliki banyak pantangan selama masa penyembuhan.

Lalu bolehkah makan telur saat cacar air? Cacar air juga dikenal sebagai penyakit yang tidak menyakitkan namun mengakibatkan rasa gatal yang luar biasa sehingga ketika seseorang terkena penyakit ini ia harus segera disembuhkan.

Gambar Foto Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air untuk Anak Apa Efek SampingnyaLalu apakah telur adalah salah satu pantangannya? Simaklah penjelasan di bawah ini:

Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air – Fakta Tentang Cacar Air

Cacar air dapat terjadi karena infeksi virus varicella zoster. Meskipun sering disebut sebagai penyakit yang hanya diderita anak kecil, ternyata orang dewasa juga bisa terkena penyakit ini.

Penyakit ini adalah penyakit yang tergolong sebagai penyakit yang sangat menular, namun akan sembuh dengan sendirinya hanya dalam beberapa hari.

Apabila seseorang terkena penyakit ini, maka hal yang akan dirasakan pertama adalah demam, radang, atau bersin-bersin.

Pada awalnya penderita akan merasa bahwa dia terkena flu. Setelah kira-kira 24 jam, akan timbul ruam pada kulit kepala, leher, badan, kaki, serta tangan.

Kemudian, ruam tersebut akan berubah menjadi bintil-bintil berwarna merah yang berisi cairan.

Bintil-bintil ini akan terasa sangat gatal tapi tidak boleh digaruk. Apabila telah mengering, bintil-bintil ini akan menjadi koreng yang mungkin akan mengganggu penampilan.

Namun, setelah satu hingga 2 minggu, koreng tersebut akan terkelupas dengan sendirinya.

Ketika sedang menderita cacar air, ada beberapa pantangan berupa makanan dan kegiatan yang dilarang.

Untuk kegiatan misalnya menghindari terkena debu atau angin dengan tidak keluar rumah, menghindari hawa yang dingin, dan jangan menggaruk bintil.

Kemudian, orang yang sedang menderita cacar air dilarang untuk memakan makanan berminyak, makanan pedas, coklat, kopi, produk susu, dan makanan cepat saji.

Lalu bagaimana dengan telur?

Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air – Mitos Tentang Cacar Air

Telur adalah makanan dengan kandungan zat-zat yang berguna bagi kesehatan tubuh.

Faktanya, banyak orang-orang di Indonesia yang mengatakan bahwa memakan telur di saat cacar justru akan memperburuk keadaan karena makanan dengan kadar protein yang tinggi justru akan memicu alergi.

Cacar air adalah penyakit yang disebabkan oleh virus dan bukan alergi. Kemudian, kandungan protein yang tinggi di dalam telur justru sangat dibutuhkan untuk mempercepat regenerasi sel serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga penyakit ini akan segera sembuh.

Gambar Foto Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air Menurut Medis Kedokteran KesehatanDengan memakan telur maka daya tahan tubuh akan meningkat sehingga hanya dalam kurun waktu yang dapat dikatakan sebentar penyakit ini akan sembuh dnegan sendirinya.

Namun, apabila Anda adalah seseorang yang memiliki alergi terhadap protein tinggi maka sebaiknya memang tidak mengkonsumsi telur karena justru akan menurunkan daya tahan sehingga cacar air tidak akan segera sembuh.

Ada banyak mitos yang mengatakan bahwa dengan memakan telur, maka cacar akan bertambah banyak.

Hal ini tentu saja tidak benar. Begitu juga dengan beberapa mitos lainnya seperti ketika seseorang terkena cacar maka dia tidak boleh mandi.

Hal ini pun juga tidak benar adanya. Cacar air disebabkan oleh virus dan bukan alergi, maka dari itu untuk membersihkan tubuh dari kotoran dan debu mandi sangat diharuskan.

Baca juga:

Bolehkah Makan Telur Saat Cacar Air – Kesimpulan

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan bahwa masih ada banyak orang yang percaya bahwa telur bukanlah asupan yang bergizi untuk membantu menyembuhkan cacar air.

Namun, seperti yang sudah dituliskan diatas bahwa telur merupakan makanan dengan kadar protein tinggi yang dapat membantu untuk meningkatan daya tahan tubuh.

Jadi, bolehkah makan telur saat cacar air? Boleh saja asal tidak ada alergi.


source: halosehat, alodokter, webkesehatan

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
22Shares

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here