Bolehkah Bayi Baru Lahir Makan Pisang, www.Bolehkah.com – Pisang adalah salah satu buah yang baik untuk kesehatan tubuh, bukan hanya untuk orang dewasa saja tapi juga untuk bayi. Beberapa masalah kesehatan yang sering terjadi pada bayi pun bisa diatasi dengan buah yang satu ini.

Bahkan karena kandungan gizinya yang baik seperti vitamin, karbohidrat, 0% lemak, pottasium, dan nutrisi lainnya membuat buah yang cukup terjangkau harganya tersebut menjadi makanan pilihan bagi para atlet olehraga. Tidak hanya mengenyangkan, buah ini juga tidak akan membuat gemuk.

Bolehkah Bayi Baru Lahir Makan Pisang Menurut Pakar Kesehatan

Nah, untuk sejarahnya sendiri, buah pisang berasal dari Papua Nugini sejak 5000 tahun sebelum masehi. Kemudian, persebaran dari buah ini terjadi negara tropis seperti Indonesia, Filiphina, Malaysia hingga India yang kemudian menyebar ke Afrika, Eropa dan terakhir di Amerika.

Gambar Foto Bolehkah Bayi Baru Lahir Makan Pisang Menurut DokterMelihat dari kandungan gizi yang ada dalam buah pisang, bayi Bunda memang sangat direkomendasikan untuk menyantapnya sebagai makanan pengganti. Jadi, bolehkah bayi baru lahir makan pisang? Tetap saja hal tersebut dapat dilakukan setelah bayi Bunda berumur 6 bulan atau setelah bayi siap makan makanan padat.




Namun, jika bicara mengenai manfaat pisang itu sendiri, berikut ada ulasan mengenai hal manfaat pisang untuk si kecil yang baru belajar untuk memakan makanan padat.

Manfaat Buah Pisang untuk Bayi

Ada beberapa manfaat yang akan didapatkan bayi saat mengkonsumsi buah pisang ini. Berikut ini ada penjelasan tentang manfaat pisang untuk bayi. ( Baca juga: Bolehkah Bayi Minum Air Kelapa? )

1. Mudah dicerna

Ya, buah yang satu ini memang dienal sebagai buah yang sangat mudah dicerna. Untuk bayi yang masih memiliki sistem pencernaan muda, buah pisang nyatanya akan mudah digiling dalam lambung bayi. Ini baik sebagai awal periode perkembangan dimana semua anggota tubuh bayi masih dalam masa adaptasi dengan pola hidup orang tuanya.




2. Atasi konstipasi

Bukan hanya orang dewasa saja yang dapat alami konstipasi tapi bayi pun kadang mebhalaminya. Masalah ini jelas harus diatasi. Salah satu caranya adalah dengan konsumsi buah pisang.

3. Atasi diare

Kandungan nutrisi yang terdaoat dalam buah pisang jelas sangt baik untuk tubuh bayi sehingha mampu untuk mengatasi diare yang disebabkan oleh virus.

4. Nutrisi lengkap




Ya, lengkapnya nutrisi yang terkandung dalam buah pisang juga bisa membuat si kecil dapatkan asupan gizi yang baik. Adanya vitamin, pospor, magnesium, sulfur dan gizi lain mebuat pisang sangat direkomendasikan.

5. Rendah lemak

Apalagi ditambah dengan kandungan lemak yang tidak ada dalam pisang. Hal ini jelas bisa membuat buah pisang cocok untuk makana bayi.

6. Atasi masalah kencing

Untuk bayi anda yang memiliki permasalahn seperti kencing, konsumsi pisang bisa jadi ide yang tepat.




7. Mengurangi pembengkakan kulit

Apakah bayi anda pernah terluka hingga kulit membengkak? Jika iya, maka dengan buah pisang, kulit bengkak pada bayi bisa diatasi.

Bolehkah Bayi Baru Lahir Makan Pisang – Perhatikan Hal ini Saat Memberikan Buah Pisang untuk Bayi

Gambar Foto Bolehkah Bayi Baru Lahir Makan Pisang dan Apa Manfaat dan Efek SampingnyaMeskipun buah pisang memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan bayi, tapi bukan berarti bahwa Bunda bisa semaunya memberi pisang tanpa melihat apakah pisang tersebut baik atau tidak. Jadi, dalam hal ini Bunda harus tetap memperhatikan hal seperti beeikut.

1. Jangan beri pisang mentah

Ya, bayi memiliki pencernaan yang masih lemah sehingga pemberian pisang yang belum matang sempurna bisa membuat pencernaan bayi bermasalah.

2. Jangan beri pisang saat flu dan batuk

Hati-hati ya bun, jangan beri bayi Bunda pisang saat ia sedang flu dan batuk. Jika memang akan memberi pisang, Bunda tanya dulu kepada ahlinya.

3 Beri pisang saat cuaca panas

Disarankan Bunda berikan pisang di saat cuaca sedang panas saja bukan dingin. Kandungan dalam pisang bisa membuat bayi Bunda tetap ceria.

Jadi, itulah hal yang harus dilakukan Bunda mengenai pemberian pisang. Perlu diingat, bolehkah bayi baru lahir makan pisang? Ya boleh, asal setelah 6 bulan. Jika sebelum 6 bulan ( minimal 4 Bulan ) bayi Bunda telah memiliki ciri-ciri siap makan makanan padat seperti mau disuapi dan berat badan telah cukup, maka tidak ada salahnya Bunda berikan buah pisang dalam menu hariannya.


http://www.parentinghealthybabies.com/health-benefits-of-banana-for-babies/
http://www.parents.com/advice/babies/feeding/am-i-wrong-to-give-bananas-to-my-5-month-old-daughter/

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
13Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here