Bolehkah Makan Tempe Mentah? Bolehkah.Com – Tempe adalah makanan khas Indonesia yang mengandung banyak gizi, namun sebenarnya bolehkah makan tempe mentah-mentahan?

Tidak sedikit dari masyarakat Indonesia yang berpikir bahwa segala sesuatu yang mentah perlu untuk dimasak terlebih dahulu sebelum dimakan.

Gambar Foto Bolehkah Makan Tempe Mentah Menurut Medis Kesehatan KedokteranAgar dapat mendapatkan informasi yang jelas tentang tempe mentah, simaklah beberapa fakta dari tempe mentah berikut:

Bolehkah Makan Tempe Mentah – Kandungan dan Manfaatnya

Semua orang tahu bahwa tempe dibuat menggunakan kacang kedelai yang difermentasikan.



Nah, tahukah Anda bahwa gizi-gizi baik yang terkandung dalam tempe akan dapat berkurang apabila tempe tersebut dimasak?

Setiap 100 gram tempe, terdapat beberapa kandungan gizi seperti protein, kalsium, isoflavon, fosfor, zat besi, serta vitamin B1.

Ketika tempe direbus, maka kadar gizinya akan berkurang setengahnya dan apabila digoreng maka kadar gizinya akan jauh lebih banyak berkurang.

Maka dari itu sebaiknya mengkonsumsi tempe yang masih mentah saja untuk mendapatkan gizi yang maksimal.

Bagi pria yang sedang dalam proses membentuk tubuh ideal, kandungan protein di dalam tempe akan sangat berguna. Kenapa begitu?



Karena protein yang terdapat pada tempe dapat membantu mempercepat regenerasi selaput otot yang robek karena olahraga berat.

Gambar Foto Bolehkah Makan Tempe Mentah Apa Manfaat dan Efek SampingnyaProtein juga merupakan sumber energi yang baik bagi tubuh sehingga baik untuk dikonsumsi setiap hari atau sebagai snack setelah melakukan aktifitas olahraga.

Bagi orang yang ingin memiliki jantung yang sehat, maka zat besi dan vitamin seperti vitamin B1 sangat diperlukan.

Tempe mentah merupakan sumber vitamin B1 dan zat besi.

Oleh karena itu, mengkonsumsi tempe mentah akan membantu menyehatkan jantung.

Kedelai juga dikenal memiliki suatu zat bernama isoflavon yang berguna untuk mengurangi kolesterol LDL atau kolesterol jahat yang dapat menimbulkan penyakit jantung dan stroke.

Dari fakta ini, tempe mentah akan sangat berguna bagi kesehatan jantung.

Kandungan vitamin B1 yang terkandung dalam tempe mentah juga diketahui berguna untuk meningkatkan kualitas sperma dan hormon pria.




Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, potonglah tempe ke bentuk jari-jari dan kunyah bersama gula aren dan satu gelas air.

Cara ini sebaiknya dilakukan sehari dua kali yaitu satu kali di pagi hari dan satu kali di sore hari.

Bolehkah Makan Tempe Mentah – Bahayanya

Sebenarnya, tidak ada yang namanya bahaya tempe mentah apabila dilihat dari segi tempe itu sendiri.

Namun yang bisa menjadi penyebab tempe mentah berbahaya adalah proses produksinya. Di Indonesia, tempe menjadi makanan yang sehat namun murah.

Begitu juga dengan bahan-bahan untuk membuatnya. Untuk menekan biaya produksi, kebanyakan pabrik produksi tempe terdapat di rumah si pemilik pabrik tersebut.

Faktanya, banyak orang Indonesia yang belum sadar akan kebersihan.

Maka dari itu, apabila ditelusuri, maka akan terlihat beberapa pabrik produksi yang berlokasi di tempat yang tidak steril serta ada banyak penggunaan drum bekas untuk membuat tempe.

Karyawan-karyawannya pun juga tidak menghiraukan kebersihan tersebut. Malah ada beberapa yang dengan sengaja bertelanjang dada dan tidak menggunakan sarung tangan atau masker.

Hal ini tentu saja membuat ahli-ahli gizi tidak menyarankan untuk memakan tempe mentah.

Baca juga:

Bolehkah Makan Tempe Mentah – Kesimpulan

Tempe memang makanan yang tidak hanya enak dan murah namun juga memiliki kandungan gizi yang berguna bagi kesehatan.

Namun, proses produksinya masih perlu diawasi. Tempe memang dianjurkan untuk dimakan mentah, namun sebaiknya tempe tersebut berasal dari tempat produksi yang sadar kebersihan.

Berdasarkan fakta-fakta diatas, menurut Anda bolehkah makan tempe mentah?


source: manfaat, republika

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
10Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here