Bolehkah Senam Selepas Makan, Bolehkah.Com – Banyak pro dan kontra yang beredar dimasyarakat mengenai pertanyaan umum ini, “Bolehkah senam setelah makan?”

Gambar Foto Bolehkah Senam Selepas Makan Apa ManfaatnyaSenam atau aktivitas olahraga lainnya dapat dilakukan kapan dan di mana saja. Senam menjadi pilihan kebanyakan orang karena selain menyehatkan, aktivitas ini mampu menurunkan berat badan.

Untuk melengkapinya, diperlukan pula pola makan yang baik. Lalu, kapan waktu terbaik untuk makan, apakah sebelum atau setelah senam?

Bolehkah Senam Selepas Makan? Cara Hidup Sehat

Senam merupakan salah satu jenis olahraga yang paling diminati oleh masyarakat. Selain gerakannya yang mudah untuk diikuti, aktivitas ini memiliki banyak manfaat yang dapat diperoleh tubuh.

Senam, seperti halnya olahraga lainnya, mampu membakar kalori dalam tubuh sehingga aktivitas ini merupakan salah satu program wajib dalam melakukan diet atau penurunan berat badan.

Selain itu, senam juga memiliki manfaat lainnya yang berdampak positif bagi tubuh, seperti menurunkan risiko penyakit kolesterol dan obesitas, memberikan relaksasi dan ketenangan, hingga membuat tubuh tampak lebih awet muda.




Ada beragam jenis senam yang dapat dilakukan, mulai dari tingkat dasar yang mudah dilakukan oleh anak-anak seperti senam Pramuka dan Senam Kesehatan Jasmani (SKJ).

Gambar Foto Bolehkah Senam Selepas Makan Menurut Ahli Gizi Kesehatan Medis KedokteranHingga senam yang banyak digandrungi oleh masyarakat saat ini seperti senam aerobik, senam lantai, dan yoga.

Bahkan ada pula senam hamil atau yang biasa disebut senam kegel yang banyak dilakukan oleh ibu hamil.

Dengan manfaatnya yang begitu beragam, tidak heran jika aktivitas senam merupakan salah satu opsi masyarakat dalam melakukan pola hidup sehat.

Untuk menyempurnakan pola hidup sehat ini, diperlukan pula pola makan yang baik dan bergizi.

Lalu kemudian timbul pertanyaan, lebih baik mana, makan sebelum melakukan senam atau setelahnya?

Bolehkah Senam Selepas Makan? Waktu Ideal

Sebuah penelitian mengenai perubahan berat badan yang pernah dilakukan di Belgia mengungkapkan bahwa makan sebelum melakukan senam atau aktivitas olahraga lainnya berpengaruh baik terhadap kesehatan dan perubahan berat badan.

Makanan akan memberikan tenaga yang cukup bagi tubuh dan berdampak positif terhadap kegiatan senam yang dilakukan.




Namun dalam hal ini, terdapat dua catatan penting yang harus dilakukan. Yang pertama adalah rentang antara waktu makan dan kegiatan senam.

Berilah jeda waktu minimal dua jam setelah makan untuk memberi waktu makanan mengisi tenaga dan kalori dalam tubuh.

Selain itu, jika perut dalam keadaan penuh saat berolahraga, yang akan terjadi adalah meningkatnya refluks asam pada lambung, cegukan, mual, dan bahkan muntah.

Yang kedua adalah jenis makanan yang harus dikonsumsi sebelum melakukan senam. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, protein, serat, dan sedikit lemak.

Hal ini dilakukan untuk mengganti glikogen yang ada dalam tubuh serta membantu tubuh dalam membangun massa otot.

Berbagai kandungan yang baik ini dapat diperoleh dengan mengonsumsi roti gandum, sereal, telur, dan susu.

Namun, jika terbiasa untuk melakukan senam pada pagi hari dan tidak terbiasa untuk mengonsumsi makanan yang berat, makanan dapat diganti menjadi lebih ringan, seperti camilan bergizi, buah-buahan, yogurt rendah lemak, ataupun sereal yang dikonsumsi kurang lebih satu hingga dua jam sebelum melakukan aktivitas senam.

Baca juga: Bolehkah Senam Kegel Saat Menstruasi?




Bolehkah Senam Selepas Makan – Kesimpulan

Oleh karena itu, perhatikan beberapa hal penting sebelum melakukan senam, seperti waktu, jumlah porsi, dan juga jenis makanan yang dikonsumsi.

Mendukung pola hidup sehat dengan aktivitas senam merupakan hal yang sangat dianjurkan.

Namun, imbangi pula dengan pola makan yang baik dan teratur untuk mempertahankan fungsi tubuh. Semoga dapat menjawab pertanyaan masyarakat mengenai bolehkah senam selepas makan.


Source: detik health, hellosehat

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here