Bolehkah Senam Kegel Saat Menstruasi, Bolehkah.Com – Senam kegel dikenal dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja. Tetapi bolehkah senam kegel saat menstruasi?

Anggapan ini masih membayangi beberapa wanita yang rutin melakukan senam ini. Sejatinya, senam kegel memiliki banyak manfaat untuk kesehatan rahim dan alat reproduksi.

Gambar Foto Bolehkah Senam Kegel Saat Mentruasi Menurut Medis Kesehatan KedokteranLalu, ketika saat mentruasi pada wanita tiba, apakah olahraga ini dapat dikatakan aman untuk dilakukan?

Untuk mengetahuinya, ketahui dulu apa itu senam kegel dan manfaatnya bagi tubuh.

Bolehkah Senam Kegel Saat Menstruasi – Manfaatnya Bagi Tubuh

Senam kegel sendiri merupakan sebuah gerakan yang dilakukan pada area reproduksi seksual yang dilakukan secara teratur.

Senam ini pertama kali diciptakan oleh seorang dokter spesialis kebidanan, Dr. Albert Kegel, untuk mengatasi pasiennya yang mengalami inkontinensia atau ketidakmampuan tubuh dalam menahan buang air kecil.




Senam ini dilakukan dengan cara terlebih dahulu mengetahui letak otot dasar panggul yang mengatur keluarnya kandungan kemih.

Jika sudah mengetahuinya, yang kemudian dilakukan adalah menggerakkan otot tersebut secara periodik hingga efek senam terasa.

Senam kegel biasa dilakukan secara rutin untuk mendapatkan manfaat yang diinginkan.

Lalu, manfaat apakah yang akan didapatkan oleh tubuh dengan melakukan senam kegel? Berikut adalah diantaranya.

1. Mengatasi masalah dalam menahan keluarnya kandungan kemih, khususnya ketika sedang tidur.

Dengan semakin kuatnya otot dasar panggul, maka otot ini mampu menahan kemih tanpa adanya kontraksi dengan sendirinya.

2. Mencegah terjadinya wasir atau ambeien.

Wasir sendiri dapat terjadi karena kemampuan otot panggul yang lemah sehingga proses keluarnya kotoran tidak sempurna dan meninggalkan sebagaian kotoran pada saluran pembuangan.




3. Melancarkan proses persalinan bagi ibu hamil. Dengan kuatnya otot panggul, maka tekanan yang dilakukan semakin kuat dan proses akan dilakukan secara normal.

4. Mengembalikan bentuk alat reproduksi wanita pasca persalinan.

5. Memperlancar sirkulasi darah. Hal ini dapat terjadi karena tenaga saat dilakukannya senam berpusat pada bagian panggul sehingga aliran darah dari jantung akan memompa darah lebih baik.

Bolehkah Senam Kegel Saat Menstruasi? Amnakah?

Kebanyakan wanita yang sedang mengalami mentruasi akan malas untuk berolahraga. Hal ini biasa terjadi karena faktor hormonal yang membuat wanita tidak nyaman dan kehilangan energi saat beraktivitas.

Gambar Foto Bolehkah Senam Kegel Saat Mentruasi Apa ManfaatnyaPadahal berolahraga dapat membantu wanita yang sedang mengalami mentruasi untuk mengurangi rasa nyeri pada perut, seperti kram dan kembung.

Senam kegel merupakan salah satu olahraga yang disarankan untuk mengurangi rasa nyeri tersebut, dan tentunya aman dilakukan pada saat menstruasi terjadi.

Otot-otot yang berada di area panggul dapat bekerja secara optimal dan juga memberikan manfaat tambahan, seperti lebih merasa rileks dan melenyapkan stres yang biasa terjadi.

Namun tentunya, intensitas senam kegel saat sedang mentruasi dapat dibedakan dengan ketika dalam keadaan normal.




Intensitas dapat dikurangi selama otot-otot di area panggul bergerak. Selain itu, imbangi pula dengan jenis olahraga ringan lainnya, seperti berjalan kaki, lari jarak pendek, senam aerobic, atau bahkan yoga.

Banyak minum air putih dan suplemen sangat dianjurkan untuk tetap menjaga tubuh tetap fit dan badan kembali rileks.

Bolehkah Senam Kegel Saat Menstruasi – Kesimpulan

Jadi, tidak ada larangan bagi wanita untuk melakukan senam kegel saat menstruasi tiba. Senam kegel dapat dilakukan selama sesuai dengan kemampuan tubuh dan tidak dipaksakan.

Dengan melakukan senam ini secara benar dan teratur, banyak manfaat yang akan didapatkan bagi tubuh.

Konsultasikan lebih lanjut dengan dokter yang terpercaya jika masih ragu akan manfaat aktivitas ini.

Semoga dapat menjawab berbagai pertanyaan pembaca seputar bolehkah senam kegel saat mentruasi.





Source: bidanku, duniakebidanan

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




Illiana Ahmad
Selalu membaca dan setiap waktu berusaha menambah wawasan. Saat ini sedang sibuk-sibuknya mengurus anak dan menulis di beberapa portal online nasional.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here