Bolehkah Makan Lidah Buaya saat Hamil, Bolehkah.ComTerdapat banyak reaksi positif dan negatif saat mempertanyakan bolehkah makan lidah buaya saat hamil.

Lidah buaya atau aloe vera adalah tumbuhan yang terkenal di masyarakat karena kaya akan manfaatkan.

Gambar Foto Bolehkah Makan Lidah Buaya saat Hamil Menurut Medis KedokteranNamun memakan Lidah Buaya tidak dianjurkan pada ibu hamil karena beberapa alasan.

Bolehkah Makan Lidah Buaya saat Hamil – Lidah Buaya

Lidah buaya menyimpan banyak air dalam daging tanaman tersebut. Dapat berada lama dalam daerah kering, tanaman ini mempunyai banyak nutrisi yang baik untuk tubuh.



Vitamin, mineral dan asam amino terdapat dalam lidah buaya, begitu juga mineral, asam lemak, enzim, dan polisakarida.

Secara umum lidah buaya dapat meningkatkan kekebalan tubuh dikarenakan vitamin yang dikandungnya seperti vitamin A, E dan B kompleks.

Dapat mengatasi peradangan yang disebabkan oleh cidera bahkan mengatasi tumor dan kanker.

Penelitian menyatakan bahwa tumor kanker akan hancur karena sifat anti-tumor yang dimiliki lidah buaya.

Sistem imunitas akan meningkat dan diabetes dapat dicegah. Kestabilan gula darah dapat terjaga dengan konsumsi jus dari lidah buaya.

Bagi kecantikan lidah buaya dapat digunakan untuk menghilangkan ketombe, sebagai pelemban rambut alami, obat kebotakan.

Tak ketinggalan sidat anti-inflamasi dari lidah buaya dapat digunakan untuk obat jerawat.

Bolehkah Makan Lidah Buaya saat Hamil – Penggunaan Lidah Buaya

Kondisi hamil adalah kondisi yang berbeda dari kondisi umumnya. Pola makan harus dijaga termasuk pilihan makanan sebagai asupan Ibu dan perkembangan bayi.

Terdapat 2 penggunaan lidah buaya pada Ibu hamil yaitu penggunaan internal dan eksternal.




Marilyn Glenville, seorang pakar nutrisi yang bekerja di bidang kesehatan wanita mengatakan bahwa Lidah buaya mengandung anthraquines, yaitu pencahar kuat atau laxative.

Ibu hamil harus menghindari penggunaan lidah buaya secara internal, namun tidak ada penelitian yang melarang penggunaan Lidah buaya secara eksternal.

Memakan produk olahan dari Lidah buaya termasuk penggunaan internal. Menurut Asosiasi Kehamilan Amerika, konsumsi lidah buaya secara internal harus dihindari.

Gambar Foto Bolehkah Makan Lidah Buaya saat Hamil Apa Manfaatnya dan Efek SampingnyaDengan konsumsi makanan tersebut, resiko kontraksi uterus akan bertambah tinggi. Hal ini berbahaya pada kehamilan.

Minuman jus Aloe vera juga tidak dianjurkan karena dapat memperendah gula darah, gula darah yang rendah berbahaya baik bagi Ibu maupun calon bayi.

Penggunaan aloe vera masih tidak dianjurkan bahkan saat menyusui karena kandungan laxative dalam produk aloe vera akan menyebabkan bayi mengalami diare dan muntah-muntah.

Sedangkan untuk penggunaan eksternal beruba gel lidah buaya masih diperbolehkan.

Gel lidah buaya merupakan olahan yang mempunyai banyak manfaat.

Dapat menyembuhkan jerawat dan bekerja sebagai anti bakteri yang mencegah infeksi pada kulit Ibu hamil.

Membantu melawan nyeri dan melindungi dari paparan matahari bagi kulit yang sensitif. Mengoleskan gel lidah buaya dapat memberikan efek rileks dan mencerahkan kulit.

Penggunaan untuk shampo juga diperbolehkan karena dapat melembabkan rambut. Utntuk perawatan rambut caranya cukup mudah yaitu dengan mengoleskan dan mendiamkan gel selama 15 menit sebelum dibilas dengan shampo.

Banyak manfaat kecantikan yang diperoleh bagi ibu hamil dengan penggunaan gel lidah buaya.

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kelengkeng?

Bolehkah Makan Lidah Buaya saat Hamil – Kesimpulan

Makanan yang terbuat buaya memang sulit untuk ditolak apalagi mengingat tanaman ini kaya akan manfaat.

Akan tetapi manfaat dapat menjadi bahaya jika ibu hamil tidak menghindarinya. Bagi ibu hamil penggemar lidah buaya lebih baik menggunakannya dulu secara eksternal.

Para ahli menjawab pertanyaan bolehkah makan lidah buaya saat hamil dengan jelas yaitu hindari dan gunakan saja secara eksternal untuk janin dan Ibu yang sehat.


source: nhsnetdoctor

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here