Bolehkah Makan Kacang saat Hamil, Bolehkah.Com Bolehkah makananan ini dokonsumsi saat hamil menjadi pertanyaan masyarakat yang beredar.

Berbagai rumor tentang alergi yang akan didapatkan anak kelak menjadi ketakutan sendiri bagi para calon Ibu.

Gambar Foto Bolehkah Makan Kacang Saat Hamil Menurut Medis Kesehatan KedokteranNamun jangan khawatir karena tidak ada larangan mengonsumsi kacang saat hamil, kacang yang dikonsumsi justru akan memberikan banyak manfaat.

Bolehkah Makan Kacang Saat Hamil – Kacang Tanah dan Alergi

Kacang merupakan jenis camilan yang mudah di temui di pasaran. Selain harganya terjangkau, kacang juga termasuk makanan yang enak untuk menemani kegiatan seperti bersantai dengan keluarga.

Ibu hamil yang membutuhkan banyak asupan nutrisi sangat diperbolehkan mengonsumsi berbagai produk kacang, terutama kacang tanah.

Tidak ada wacana dan larangan dari para ahli berkaitan dengan kaitan kacang dengan alergi.




Fakta sebenarnya sangat mencengangkan karena berbeda drastis dari kabar burung yang beredar.

Bukannya menyebabkan alergi, menurut para ahli kacang akan membuat bayi terhindar dari alergi!

Penelitian menemukan bahwa kekebalan alergi terhadap kacang akan terbentuk pada bayi dengan ibu yang mengonsumsi kacang selama kehamilan.

Selain itu, tingkat alergi pada anak akan berkurang jika saat mengandung ibu dari anak tersebut mengonsumsi kacang 5 kali seminggu.

Dr. Lindsay Frazier dari Dana-Farber Cancer Center di Boston mengatakan bahwa penelitian mereka mendukung hipotesis ini.

Gambar Foto Bolehkah Makan Kacang Saat Hamil Apa Alasannya dan Apa ManfaatnyaDinyatakan bahwa toleransi dari paparan elergi akan memperkecil resiko alergi di pertumbuhan anak.

Namun perlu diingat bahwa mengonsumsi kacang tidak diperkenankan untuk calon ibu yang mempunyai riwayat alergi.

Ibu hamil dengan alergi harus menghindari kacang, kacang juga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh calon ibu yang mempunyai asma karena hal tersebut akan mempengaruhi janin dalam kaitannya dengan sensivitas anak kelak terhadap kacang.




Sedangkan bagi calon ibu yang tidak mempunyai alergi terhadap kacang, diperbolehkan mengonsumsi kacang-kacangan asal tidak berlebihan.

Manfaat Kacang Kacang Tanah

Kudapan dari kacang mempunyai banyak kandungan yang dibutuhkan selama kehamilan. Terdapat berbagai jenis kacang, kacang tanah adalah salah satunya.

Kacang tanah mempunyai banyak vitamin seperti vitamin A, B kompleks, E, dan K.

Selain vitamin terdapat pula protein, mineral, kalsium, kolin, kalium dan nabati yang baik untuk perkembangan janin.

Bagi Ibu hamil kacang tanah disarankan dikonsumsi karena merupakan sumber mineral. Konsumsi 5 kali sepekan dapat menunjang kerja tubuh dan aktivitas sel.

Kebutuhan mineral calon ibu akan tercukupi dan terhindar dari masalah kesehatan. Diabetes menjadi masalah kesehatan yang sering dihadapi di saat kehamilan.

Saat hamil pola makan harus dijaga sehingga penyakit ini tidak menyerang. Kacang tanah terkenal rendah gula walaupun memiliki rasa manis di dalamnya.

Tidak perlu khawatir akan rasa lapar yang menyerang karena kacang tanah adalah kudapan yang mengenyangkan.




Rasa lapar pada calon ibu dapat terjadi karena janin sudah menyerap asupan makanan dalam tubih ibu, kacang tanah merupakan sumber cadangan energi yang patut dicoba.

Manfaat lain dari kacang tanah terdapat pada kemampuannya dalam perkembangan otak dan sumsusm tulang belakang calon bayi.

Kaya akan folat menyebabkan kacang tanah memenuhi kebutuhan bayi tersebut.

Kesimpulannya adalah beberapa manfaat lain yang dapat diambil dari kacang tanah, sebagaimana dilansir dari alodokter, adalah sebagai berikut:

1. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

Berbagai macam kandungan baik di dalam kacang tanah seperti asam folat, biotin, vitamin E, protein, serat, lemak tak jenuh tunggal, mangat, magnesium serta anti oksidan ini lah yang menjadi alasannya.

Peneliti mengungkapkan bahwa mengkonsumsi 140gr kacang-kacangan dalam seminggu atau lebih dapat menurunkan sekitar 35 persen risiko sakit jantung.




2. Menjaga Kadar Kolesterol Baik

Hal ini karena di dalam kacang tanah itu sendiri mengandung lemak tak jenuh tunggal sehingga kadar kolesterol jahat dapat diatasi

3. Melebarkan Pembuluh Darah

Disamping itu selain berguna sebagai pelebar pembuluh darah, kacang tanah juga dapat mencegah pengerasan arteri

Sedagkan vemale melansir boldsky.com memberikan tambahan tentang manfaat kacang tanah sebagai berikut:

4. Anti Aging

Di dalam kacang tanah terdapat kandungan vitamin E, vitamin inilah yang dapat membantu dalam mencegah penuaan dini, kulit kusam dan keriput.

Di dalamnya juga terkandung vitamin B yang diyakini dapat menjadikan kulit lebih awet mudan dan bersinar

5. Mengontrol Gula Darah

Kandungan Mangan yang ada pada kacang tanah dipercaya oleh peneliti dapat mengurangi kadar gula di dalam darah karena mangan dapat menyerap glukosa atau kalsium yang berlebih.

6. Mencegah Kanker

Kacang tanah mengandung p-coumaric. Kandungan ini baik dalam mengatasi risiko kanker dan dapat juga membunuh sel kanker

7. Mengatasi Depresi dan Stres

Kandungan trytophan yang terdapat dalam kacang tanah dipercaya dapat mengurangi stres dan depresi karena memicu perasaan nyaman dan tenang

8. Menurunkan Risiko Batu Empedu

Sebuah penelitian mengatakan bahwa kacang tanah bagus dalam mengurangi risko batu empedu, juga mencegah infeksi kantung empedu

Baca juga: Bolehkah Ibu Hamil Makan Kacang Mete?

Bolehkah Makan Kacang Saat Hamil – Kesimpulan

Para ibu sudah bisa mulai bernafas lega tentang ketidakbenaran rumor yang beredar. Bagi calon ibu yang gemar mengonsumsi kacang, jelas ini adalah kabar gembira.

Kacang yang merupakan sumber protein dan mineral adalah pilihan yang bisa diambil untuk pelengkap asupan selama masa kehamilan.

Jadi Bolehkah makan kacang saat hamil? Jawabannya adalah boleh asalkan tidak ada riwayat alergi yang diderita.


source: nhs, dailymail

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
24Shares




Saskia
Suka nulis dan rajin membaca! Saat ini menjadi kontributor dan author tetap di Bolehkah.Com Ingin menyampaikan informasi ke seluruh Indonesia melalui internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here