Bolehkah Makan Jeruk Setelah Minum Obat, Bolehkah.Com – Apabila dihadapkan oleh pertanyaan seperti itu, apakah yang akan Anda jawab? Tentu saja pendapat orang dapat berbeda-beda.

Gambar Foto Bolehkah Makan Jeruk Setelah Minum Obat Menurut Kedokteran Medis KesehatanAda yang mengatakan tidak apa, namun banyak juga yang mengatakan bahwa hal tersebut dapat membahayakan bagi kesehatan bahkan nyawa kita.

Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini tentang hal tersebut:

Bolehkah Makan Jeruk Setelah Minum Obat – Jeruk Mengandung Vitamin C

Jeruk adalah buah yang dikenal oleh masyarakat luas sebagai buah dengan kandungan kaya vitamin C.

Vitamin ini berperan penting untuk meningkatkan kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit.

Tidak hanya mencegah tubuh agar tidak sakit, vitamin C juga dapat menyembuhkan beberapa penyakit yang datang karena penurunan daya tahan seperti sariawan dan panas dalam, serta penyakit yang diakibatkan oleh virus seperti flu.




Vitamin C pada jeruk juga mengandung antioksidan yang dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak, serta dapat melancarkan aliran darah sehingga kulit terjaga dan tetap sehat.

Namun, siapa sangka bahwa vitamin ini juga dapat berbahaya bagi tubuh apabila mengkonsumsi jeruk terlalu banyak. Hal ini akan menimbulkan diare atau meningkatnya asam lambung.

Bolehkah Makan Jeruk Setelah Minum Obat – Kandungan Senyawa pada Jeruk

Tidak hanya vitamin C yang menyehatkan, siapa sangka di dalam jeruk pun terdapat berbagai senyawa organik dan kimia yang dapat berbahaya bagi tubuh.

Terutamanya apabila dikonsumsi setelah maupun sebelum minum obat-obatan seperti obat batuk, obat penenang yang mengandung Biodiazepine, obat untuk disfungsi ereksi, obat penurun kolestrol, obat penurun tekanan darah tinggi, obat-obatan khusus alergi, serta Estrogen yang terdapat pada pil KB.

Apabila dikonsumsi setelah meminum obat-obatan ini maka akan menimbulkan efek samping seperti kerusakan otot atau rasa kantuk berlebih.

Kandungan senyawa organik yang terdapat pada jeruk; asam sitrat atau sitrus, dapat menyebabkan konsentrasi yang terdapat pada aliran darah meningkat sehingga dapat menimbulkan toksisitas atau keracunan.

Zat yang terdapat pada jeruk ini tidak boleh dikonsumsi setelah atau sebelum meminum obat-obat penenang seperti midazolam, diazepam, dan triazolam sedative atau efek sedatif yang ditimbulkan dapat meningkat sehingga dapat menyebabkan ketergantungan si pemakai.

Gambar Foto Bolehkah Makan Jeruk Setelah Minum Obat Apa Efek SampingnyaEfek sedatif yang terlalu tinggi akan sama efeknya dengan obat-obatan terlarang, dan apabila sudah terlanjur maka harus segera menemui dokter untuk konsultasi dan pemeriksaan lebih lanjut.




Jeruk memiliki banyak jenis, dan salah satunya adalah grapefruit.

Di dalam buah ini, terkandung senyawa kimia furanocoumarins yang pasalnya dapat berbahaya bagi tubuh apabila dikonsumsi setelah meminum obat-obatan seperti yang telah disebutkan diatas.

Di dalam tubuh kita, terdapat enzim yang membantu untuk memecah obat sehingga zat-zat berbahaya yang terdapat pada obat tidak akan diserap oleh tubuh.

Namun, dengan mengkonsumsi jeruk ini maka enzim yang terdapat pada tubuh kita akan tertahan oleh senyawa furanocoumarins tersebut dan menyebabkan enzim tidak bekerja.

Apabila enzim tidak bekerja, maka zat-zat berbahaya yang terkandung dalam obat yang diminum tersebut akan masuk ke dalam aliran darah dan terserap oleh tubuh.

Apabila hal ini sampai terjadi, maka dosis obat akan meningkat dan dapat menyebabkan berbagai penyakit ataupun efek samping lainnya.

Efek samping yang mungkin terjadi adalah kerusakan pada ginjal, pendarahan, detak jantung yang tidak teratur, dan kematian mendadak.

Baca juga:




Bolehkah Makan Jeruk Setelah Minum Obat – Kesimpulan

Itulah penjelasan-penjelasan tentang buah jeruk dan kandungan-kandungannya. Buah jeruk memang merupakan buah yang segar dan memiliki banyak manfaat.

Namun untuk mengkonsumsinya setelah maupun sebelum meminum obat akan menimbulkan berbagai reaksi yang berbahaya bagi tubuh.

Kesimpulannya, apabila Anda ditanya bolehkah makan jeruk setelah minum obat maka jawabannya adalah tidak; tidak boleh memakan jeruk setelah minum obat dalam bentuk buah, jus, atau olahan lainnya.


Referensi: doktersehat, luvizhea, medicalnewstoday,kabarimbo, istana kesehatan

Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
7Shares




Saskia
Suka nulis dan rajin membaca! Saat ini menjadi kontributor dan author tetap di Bolehkah.Com Ingin menyampaikan informasi ke seluruh Indonesia melalui internet

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here