Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi?

0

Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi, Bolehkah.Com – Masyarakat Indonesia khusunya sangat senang mengonsumsi nasi dan mie dan tidak banyak juga yang memadukan kedua menu tersebut, sebenarnya hal tersebut?

Gambar Foto Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi Menurut Medis Kesehatan KedokteranSeperti kata pepatah yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, “belum makan kalau belum makan nasi”.

Kebiasaan inilah yang menyebabkan masyarakt Indonesia tidak bisa lepas dari nasi. Di sisi lain, mereka juga menggemari mie instan dan tidak sedikit juga yang memakan mie instan beserta nasi.

Lalu, banyak pro kontra mengenai kebiasaan tersebut. Berikut ini akan diulas beberapa hal yang berkaitan dengan pro kontra tersebut.



Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi – Dampaknya

Nasi memiliki kandungan karbohidrat dan kalori yang tinggi, begitu pula dengan mie instan. Oleh karena itu, mengonsumsi mie instan dengan nasi dapat menambah kandungan karbohidrat dan kalori pada tubuh.

Dengan karbohidrat yang terpenuhi oleh mie instan dan nasi, rasa lapar akan hilang sehingga gizi yang lain tidak tercukupi pada tubuh. Selain itu, tingginya kalori pada tubuh akan berdampak pada pankreas.

Pankreas akan bekerja lebih dari biasanya dan hal itu dapat menyebabkan kerusakan pada pankreas.

Apabila pankreas mengalami kerusakan, fungsinya untuk memisahkan gula dan darah tidak akan dapat berfungsi lagi sehingga kedua zat tersebut menyatu dimana hal itu meningkatkan resiko terkena penyakit diabetes mellitus atau kencing manis.

Berkaitan dengan karbohidrat, konsumsi karbohidrat yang berlebihan dapat memicu terjadinya obesitas karena lingkar perut akan menjadi lebih lebar. Tentu anda tidak ingin terkena obesitas bukan?



Yang paling sering dibicarakan selanjutnya adalah meningkatkan resiko kanker pada tubuh. Seperti yang kita tahu bahwa mie instan tidak memiliki kandungan gizi yang cukup, hanya ada karbohidrat dan lemak.

Hal itu dapat mempengaruhi pola makan dan meningkatkan resiko kanker. Selain itu, sistem pencernaan dapat terganggu karena proses pencernaan mie instan membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari. Hal itu disebabkan oleh lapisan lilin yang ada pada mie instan.

Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi – Cara Mengonsumi yang Benar

Gambar Foto Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi Apa Efek Samping BahayanyaSebenarnya, mengonsumsi mie instan terus menerus adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya bahwa mie instan hanya mengandung karbohidrat dan lemak.

Maka, apabila dikonsumsi terus menerus dapat membuat tubuh rentan terhadap penyakit karena kekurangan zat gizi lainnya.

Selain itu, kandungan pengawet yang terdapat pada mie instan dapat sangat membahayakan kesehatan apabila terlalu sering dikonsumsi karena tubuh manusia tidak dapat mengurai pengawet tersebut.

Oleh karena itu, apabila anda tetap ingin mengonsumsi mie instan sebaiknya diberi jeda minimal 3 hari.

Selain itu, dibandingkan dicampur dengan nasi, akan lebih baik jika dicampurkan dengan sayur-sayuran, daging dan telur.

Pencampuran bahan-bahan tersebut dapat menjadi solusi sehingga kandungan gizi yang cukup dapat terpenuhi pada saat mengonsumsi mie instan.




Baca juga: Bolehkan Mengkonsumsi Garam Saat Diet?

Bolehkah Makan Mie Instan dengan Nasi – Kesimpulan

Berdasarkan ulasan diatas, sudah sangat jelas bahwa mengonsumsi mie instan bersamaan dengan nasi adalah hal yang sebaiknya tidak dilakukan.

Kebiasaan tersebut sebaiknya diubah karena dapat mengganggu kesehatan tubuh manusia. Pilihlah salah satu sumber kabohidrat.

Apabila sudah memilih nasi, jangan dicampurkan dengan mie dan apabila sudah memilih mie, jangan dicampurkan dengan nasi.

Selain itu mengonsumsi mie instan juga dapat dilakukan dengan penambahan bahan-bahan makanan yang mengandung kandungan selain karbohidrat dan lemak agar gizi yang masuk kedalam tubuh tetap seimbang.

Sudahkah anda bisa menjawab pertanyaan mengenai Bolehkah Makan Mie Instan dengan nasi?


Link: halosehat, rubrikita

 

 

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here