Bolehkah.Com – Pertanyaan mengenai bolehkah makan ikan asin saat hamil menjadi penting bagi para ibu hamil. Masa-masa kehamilan adalah masa-masa dimana ibu memiliki nafsu makan yang meningkat.

Gambar Foto Bolehkah Makan Ikan Asin Saat Hamil Apakah Berbahaya Bagi JaninDitambah lagi kebiasaan ibu hamil yang sering terjadi, yaitu ngidam. Ketika ibu hamil ngidam sebuah makanan, mereka tidak dapat mengatur makanan apa yang akan diidamkan.

Maka dari itu, seringkali ibu hamil ngidam hal-hal yang diluar kebiasaan saat tidak hamil. Salah satu menu yang dapat menjadi target ngidam ibu hamil adalah ikan asin.

Apakah aman makan ikan ini pada saat ibu sedang dalam masa kehamilan? Mari kita cari tahu lebih banyak.

Bolehkah Makan Ikan Asin Saat Hamil – Nutrisi dalam Ikan Asin

Siapa yang tidak tahu makanan yang memiliki cita rasa unik ini? Ikan asin adalah daging ikan yang diawetkan dengan cara menambahkan banyak garam.

Hal itu menyebabkan daging ikan menjadi tahan lama dan tidak mudah terserang serangga, ulat dan perusak lain.




Jika membahas tentang kandungan gizi yang ada pada ikan asin, jelas ikan asin memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan.

Terdapat kandungan fosfor, kalsium, zat besi, protein, dan yodium. Kandungan fosfor dan kalsium dapat mecegah kelainan tulang dan menjaga perkembangan tulang dan gigi.

Kandungan zat besi dapat membantu produksi sel darah yang mencegah resiko terkena anemia. Kandungan protein dapat membentuk otot tubuh.

Dengan gizi-gizi yang terdapat pada ikan asin, ibu hamil tidak dilarang untuk mengonsumsi ikan asin hanya saja tetap harus selektif. Dan kandungan yodium dapat mencegah kecacatan bayi saat dilahirkan.

Tips Mengonsumsi Ikan Asin untuk Ibu Hamil

  • Selektif dalam memilih jenis ikan asin.

Ibu hamil harus selektif dalam memilih ikan asin yang akan dikonsumsi maka dari itu ibu hamil harus memilih ikan asin yang berkualitas dan tidak mengandung zat beracun.

Salah satu pilihan yang tepat adalah ikan teri karena ikan teri mengandung sedikit zat pengawet.

  • Tetap memperhatikan kondisi kesehatan

Ibu hamil wajib memperhatikan kondisi kesehatannya sebelum mengonsumsi makanan termasuk ikan asin.

Gambar Foto Bolehkah Makan Ikan Asin Saat Hamil Apa Efek SampingnyaApabila ibu hamil sedang mengalami tekanan darah tinggi, sebaiknya jangan makan ikan asin dahulu karena kandungan garam tinggi pada ikan asin justru dapat memicu tekanan darah menjadi lebih tinggi lagi.




  • Mencuci ikan asin sampai bersih

Mencuci bahan makanan sebelum dimasak adalah hal yang penting, begitu pula dengan ikan asin. Sebelum diolah, ikan asin sebaiknya dicuci untuk meminimalisir zat kimia yang terdapat pada ikan asin.

Selain mencucinya, ikan asin dapat direndam agar kandungan garam yang melekat pada ikan asin dapat terlepas.

Ibu hamil sebaiknya benar-benar memperhatikan berbagai hal sebelum mengonsumsi makanan tertentu, termasuk ikan asin.

Karena sebenarnya semuanya kembali lagi dengan pola konsumsi yang dilakukan oleh ibu hamil.

Pada dasarnya, mengonsumsi ikan asin terus menerus juga tidak baik untuk ibu hamil. Memang segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Ikan asin adalah makanan berpengawet dan makanan berpengawet tidak disarankan untuk dikonsumsi secara terus menerus karena akan berdampak buruk untuk kesehatan tubuh.

Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi ikan asin dibarengi dengan konsumsi makanan lain sumber kabohidrat dan gizi lain.

Dengan kata lain, ikan asin dijadikan sebagai variasi dari menu sehari-hari atau sebagai makanan pengganti ikan.




Baca juga:

Bolehkah Makan Daging Kambing Saat Hamil?

Bolehkah Makan Cumi Saat Hamil?

Bolehkah Makan Ikan Asin Saat Hamil – Kesimpulan

Perlu diingat bahwa ketika hamil, setiap nutrisi yang masuk ke tubuh ibu hamil akan dikonsumsi juga oleh bayi yang ada dalam kandungan. Maka, ibu harus selektif dalam memilih dan mengolah makanan yang akan dikonsumsi.

Berdasarkan penjelasan yang sudah dijelaskan diatas, anda pasti sudah dapat menjawab pertanyaan tentang bolehkah makan ikan asin saat hamil.


Link: bidanku,ibu-hamil




Yuk, Bagikan pada Orang Terdekat!
0Shares




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here