Bolehkah Makan Folic Acid ketika Haid?

0

Bolehkah Makan Folic Acid ketika Haid, Bolehkah.Com – Hal ini merupakan pertanyaan yang sangat sering diajukan oleh para wanita.

Gambar Foto Bolehkah Makan Folic Acid ketika Haid Menurut Pakar Gizi Kedokteran Medis KesehatanFolid acid dapat ditemukan dengan mudah di pasaran dan merupakan zat yang dibutuhkan, oleh karena itu penggunaanya dianjurkan.

Menilik dari keuntungan penggunaannya, vitamin kesuburan ini aman dikonsumsi saat sedang datang bulan.

Bolehkah Makan Folic Acid ketika Haid – Apakah Folic Acid itu?

Dalam dunia medis folic acid adalah sejenis vitamin B6 yang dapat digunakan sebagai vitamin kesuburan terlebih untuk membantu kehamilan dan perkembangan bayi di dalam kandungan.



Zat ini dapat ditemukan di berbagai makanan seperti kacang-kacangan kering, brokoli, bayam dan asparagus. Selain untuk membantu kehamilan, folic acid dapat digunakan untuk pengobatan anemia.

Asam folat yang terkandung dalam folic acid akan membantu pembentukan proses darah merah dan mencegah anemia karena pengeluaran darah yang rutin saat menstruasi.

Terdapat beberapa nutrisi yang harus menjadi asupan bagi wanita saat mengalami menstruasi.

Nutrisi tersebut meliputi kalsium, magnesium, zat besi, vitamin k, vitamin B 12, dan Asam Folat. Folic acid kaya akan asam folat sehingga dapat dikonsumsi asal tidak dalam dosis yang berlebihan.

Dosis yang dianjurkan bagi wanita dewasa yang ingin mengandung adalah 400 micrograms, dilanjutkan saat 12 minggu pertama pada kehamilan. Sedangkan pada keadaan normal, dianjurkan untuk meminum tidak lebih dari 0,4 mg per hari.



Bagaimana cara kerja dari folic acid? Seperti diketahui kandungan vitamin E dan asam folat yang terdapat di dalamnya dapat membantu mengurangi nyeri.

Bahan ini juga berperan dalam proses pembentukan sel darah merah. Senyawa yang terdapat di dalam folic acid diantarkan ke dalam sel melaui reseptor atau penerima.

Sintesis dari asam amino dan DNA dapat dibantu dengan hasil reduksi dari senyawa ini.

Bolehkah Makan Folic Acid ketika Haid – Efek Samping dan Hal yang Harus Dihindari

Sebelum mengonsumsi folic acid dalam keadaan haid, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Jangan menggunakan folic acid secara sembarangan jika terdapat gejala penyakit ginjal, infeksi atau hemolytic anemia.

Wanita dengan keadaan tersebut diperbolehkan mengonsumsi folic acid asalkan dengan dosis yang sudah diberikan oleh dokter.

Folic acid selain terdapat dalam bahan-bahan makanan alami juga tersedia daam bentuk tablet.

Gambar Foto Bolehkah Makan Folic Acid ketika Haid Apa Efek Samping dan AlasannyaJika ingin menggunakan folic acid sesuai dosis, maka bentuk tablet atau injeksi menjadi pilihan untuk dikonsumsi.




Terdapat beberapa efek samping dalam penggunaan senyawa ini. Perlu segera menghungi dokter jika ditemukan gejala seperti alergi, kesusahan bernafas, kesulitan tidur, tidak nafsu makan dan rasa pahit yang tiba-tiba menyerang di indera perasa.

Konsumsi folic acid yang berlebihan juga menyebabkan kerusakan pada sistem saraf. Hal itu akan terjadi jika tidak ada penanganan yang serius.

Tanda-tanda dari pengaruk buruk afolic acid pada sistem saraf adalah kesusahan berkonsetrasi, depresi dan kebingingan.

Dilaporkan efek samping ini terjadi dengan dosis penggunaan di atas 15 mg/ hari. Selain itu rasa pahit dan anorexia yang merupakan efek samping dalam Gastrointestinal, juga terjadi pada dosis konsumsi di atas 15 mg/ hari.

Kesimpulan

Sesuai anjuran dari Departemen Kesehatan, folic acid termasuk suplemen yang paling cocok di konsumsi oleh Ibu hamil.

Akan tetapi tidak ada larangan penggunaan senyawa ini pada masa haid. Keuntungan yang didapat jika mengonsumsi falic acid saat haid juga tidak sedikit, jadi kembali kepada kebijaksanaan para konsumen untuk memakannya atau tidak.

Ciptakan masa haid yang menyenangkan dengan pilihan yang tepat. Bolehkah makan folic acid ketika haid, pilihlah dan rasakan khasiatnya.


referensi: nhs, alodokter,drugs

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here