Bolehkah makan coklat saat tipes? Bolehkah.Com – Apakah anda mempertanyakannya? Jawaban yang sesuai adalah tidak.

Gambar Foto Bolehkah Makan Coklat saat Tipes Menurut Kedokteran Medis KesehatanWalaupun cokelat sangat menggoda, makanan ini akan menjadi berbahaya jika dikonsumsi saat typus menyerang.

Perlu memilih dan ketelatenan saat penyakit ini menyerang, coklat yang menyenangkan bisa menjadi sumber masalah.

Bolehkah Makan Coklat saat Tipes – Apa itu Typus dan Penanganannya

Ada 2 macam penyebab typus yaitu bakteri Rickettsia typhi dan Rickettisia prowazekii. Rickettsia typhi menyebabkan endemic typus dan bersifat mematikan.



Perhatikan kebersihan lingkungan dan hindari bahaya ini. Sementara itu, Rickettsia prowazekii menyebabkan epidemic typus.

Typus sangat berbahaya bagi kekebalan tubuh, pencernaan manusia menjadi lemah karena terjangkit penyakit ini.

Selain itu bakteri bernama Salmonella akan menyebabkan demam pada typus. Biasanya bakteri ini dihantarkan melalui makanan yang terkontaminasi dan juga hewan seperti tikus dan kucing.

Pasien typus mempunyai banyak pantangan makanan,makanan yang menjadi pantangan bisa menjadi favorit dari pasien.

Oleh karena itu supaya penyakit ini cepat tersembuhkan maka harus sabar dalam menjaga dan merawatnya.

Beberapa makanan seperti sumber karbohidrat yang dilarang adalah roti, kentang, dan nasi. Sedangkan yang direkomendasikan adalah makanan dengan tekstur lembut seperti bubur.

Pasien juga tidka diperbolehkan memakan sayuran berserat tinggi seperti pepaya, timun, dan kacang-kacangan. Buah dengan kandungan vitamin C tinggi harus dihindari.

Makanan berprotein juga tidak dianjurkan namun telur masih bisa dikonsumsi. Makanan pedas membuat penyakit bertambah buruk dan sumber-sumber lemak tidak diperbolehkan untuk diberikan, termasuk beberapa jenis minuman dengan kadar kemanisan yang tinggi. Jadi pasien sangat dianjurkan untuk meminum air putih sebagai pengobat typus.

Bolehkah Makan Coklat saat Tipes – Kandungan Coklat

Makanan yang mengandung lemak dengan kandungan protein tinggi harus dihindari para penderita typus, karena dalam beberapa kasus bahan tersebut akan memperburuk keadaan pasien bahkan menyebabkan kematian.




Cokelat memang menggiurkan, terdapat pula beberapa jenis cokelat yang cocok untuk kesehatan. Dark Chocholate sudah terbukti sering dimanfaatkan dalam sejarah kedokteran sebagai alat untuk proses pemulihan.

Dalam sejarah makanan dan minuman yang berasala daru pohon Theobroma cacao sudah menjadi konsumsi umum sejak 460 AD. Pada abad 16-20, lebih dari 100 penggunaan coklat dibukukan untuk kepentingan kesehatan.

Hipotesis membuktikan bahwa konsumsi dari 10 ons cokelat setiap hari atau setara dengan 1880 mg dari procyanidis dapat mengurangi tekanan darah tinggi dan memperendah rasio diabetes mellitus, stroke dan kanker.

Cokelat dikeringkan dari biji cocoa. Dark chocholate mengandung 36 mg magnesium per 1000 kcal penyajian, 50 mg polyphenols per gram.

Gambar Foto Bolehkah Makan Coklat saat Tipes Mengapa dan Apa AlasannyaAkan tetapi dalam kasus penderita typus dengan larangan konsumsi gula, cokelat tidak akan cocok untuk dijadikan asupan makanan.

Dalam kaitannya dengan bakteri salmonella, makanan juga dapat menyalurkan bakteri ini. Makanan yang terkontaminasi dapat menjadi jembatan bagi bakteri ini untuk masuk ke dalam tubuh.

Dosis yang kecil dari salmonella ke dapat menyebabkan virus langsung menjalar. Memakan cokelat juga tidak dianjurkan karena dikhawatirkan terdapat kontaminasi dari bakteri tersebut yang mungkin terdapat dalam sirkulasi pipa, air, susu, kacang, dll.

Baca juga: Bolehkah Mencampur Vitamin dengan Susu?

Kesimpulan

Cokelat dan konsumsinya menjadi pertanyaan yang sangat dimaklumi karena cokelat termasuk makana favorit di pasaran.

Banyak hal baik yang terkandung dalam cokelat yang menjadikan makanan ini sangat diminati hampir seluruh kalangan.

Akan tetapi bagi penderita typus jika menginginkan kesembuhan yang cepat, makanan ini harus dihindari untuk sementara waktu. Bolehkah makan coklat saat tipes, jawabannya adalah tidak.


Referensi: europa, phac-aspc, ncbi, googlebooks

 

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here