Bolehkah Makan Coklat Saat Hamil Muda?

0

Bolehkah Makan Coklat Saat Hamil Muda? Bolehkah.Com – Pernakah Anda ditanya bolehkah makan coklat saat hamil muda? Pertanyaan tersebut merupakan pertanyaan dengan beberapa jawaban yang berbeda-beda.

Gambar Foto Bolehkah Makan Coklat Saat Hamil Muda Menurut Kedokteran Medis KesehatanDikatakan bahwa coklat dapat menjadi racun bagi janin yang baru tumbuh, ada juga yang mengatakan bahwa mengkonsumsi coklat akan mencegah cacat mental atau fisik pada anak.

Untuk mengetahuinya lebih lanjut, berikut adalah manfaat serta dampak negatif bagi calon ibu dan bayi:

Bolehkah Makan Coklat Saat Hamil Muda – Manfaat Coklat bagi Calon Ibu dan Bayi

Berikut adalah manfaat coklat bagi calon ibu dan bayinya:



  1. Mencegah kecacatan mental dan fisik pada bayi

Coklat merupakan makanan yang paling disukai wanita; kebanyakan calon ibu pun juga sangat menyukai makanan ini.

Tidak hanya karena rasanya yang lezat, coklat juga dapat digunakan sebagai asupan gizi janin karena coklat memiliki kadar zat antioksidan yang tinggi.

Zat antioksidan adalah suatu kandungan zat dalam coklat (akan lebih banyak pada dark chocolate) yang dapat membantu mencegah tumbuhnya sel kanker dan mencegah bayi terlahir cacat.

  1. Mencegah pre-eklamsia pada calon ibu

Pre-eklamsia adalah komplikasi yang sering diderita oleh ibu dengan bayi yang dilahirkan prematur.

Kondisi ini dapat diketahui dari meningkatnya tekanan darah atau hipertensi dan kerusakan organ dalam tubuh.



Kondisi ini juga dapat menyebabkan kematian bila tidak segera ditangani. Disinilah coklat berperan.

Walaupun terlihat remeh, dark chocolate mengandung theobromine atau zat yang dapat membantu untuk menstabilkan tekanan darah pada calon ibu dengan melebarkan pembuluh darah.

  1. Membuat bayi lebih bahagia

Kelihatannya tidak ada hubungannya, namun hal ini benar adanya. Pernah diujicobakan pada 300 ibu hamil di Finlandia sebagai subyeknya, setelah bayi-bayi dar ibu-ibu hamil tersebut telah lahir, proses ini memakan beberapa bulan karena harus menunggu hingga bayi-bayi tersebut berumur 6 bulan.

Gambar Foto Bolehkah Makan Coklat Saat Hamil Muda Mengapa dan Apa AlasannyaTernyata, hampir semua dari bayi-bayi tersebut memiliki sifat periang dan mudah tersenyum. Kenapa bisa begitu?

Karena di dalam coklat terkandung zat fitokimia feniletilamin yang nantinya akan diubah menjadi hormone serotonin yang memberikan rasa nyaman pada ssang ibu yang kemudian mempengaruhi bayi.

Bolehkah Makan Coklat Saat Hamil Muda – Dampak Buruk Coklat bagi Calon Ibu dan Janin/Bayi

Meskipun memiliki banyak manfaat, coklat juga memiliki dampak buruk yang berbahaya bagi janin. Berikut adalah beberapa dampak buruk coklat:

  1. Menyebabkan kecanduan

Coklat merupakan makanan yang paling disukai oleh setiap wanita. Maka dari itu makanan ini juga dapat membuat calon ibu yang sedang hamil kecanduan dan ingin terus memakannya.

Padahal, coklat dapat menyebabkan kelebihan berat badan atau obesitas. Dikatakan bahwa calon ibu yang sedang hamil tidak diperbolehkan untuk mengkonsumsi coklat dengan jumlah lebih dari yang dianjurkan.




Kenapa begitu? Karena apabila sang calon ibu mengalami obesitas, maka proses delivery bayi pun akan terganggu sehingga dapat mempersulit proses persalinan.

  1. Meningkatkan resiko kecacatan pada bayi

Kenapa begitu? Karena coklat mengandung zat berbahaya seperti kafein. Kafein yang terkandung di dalam coklat dapat mengganggu pertumbuhan janin serta memperhambatnya, menyebabkan kecacatan pada bayi. Namun, hal ini hanya dapat terjadi apabila dikonsumsi berlebih.

Kesimpulan

Itulah manfaat-manfaat dan dampak-dampak buruk yang dihasilkan dari mengkonsumsi coklat bagi ibu hamil maupun ibu hamil muda.

Lalu apakah konsumsi coklat sebaiknya diberhentikan sama sekali? Jawabannya tentu saja tidak.

Yang penting adalah untuk tidak mengkonsumsi secara berlebih dan sesuai yang dianjurkan oleh dokter.

Nah, ketika Anda ditanya bolehkah makan coklat saat hamil muda, maka Anda dapat memberikan jawabannya sesuai artikel ini.


Referensi: ibu-hamil, ibuhamil, solusisehatku,alodokter, rumahzakat

 

Jika suka
tekan "Like!", ya

Gabung di Twitter !




LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here